Tremor, band ber-genre thrash metal dari Indonesia yang dibentuk oleh Lilik Wardiandi, mantan gitaris dan vokalis Betrayer akhirnya kesampaian merilis album mini pertamanya bertajuk “Awal Kebangkitan”, sejak dibentuk pada pertengahan Juli 2007 silam. Album yang diedarkan secara independen tersebut mulai digarap Iik – sapaan akrab Lilik – pada 2013, setelah menemukan formasi baru buat Tremor, yakni Iik, Rino (gitar), Dikdik (bass) dan Bauz (dram). Dua personel yang disebut terakhir juga merupakan anggota aktif di Aftercoma, band heavy metal/metalcore asal Bandung. Sementara Rino, juga tercatat pernah tergabung di formasi Betrayer.

“Album ini mulai dicicil pada 2014 di studio rumah milik Uus (Bauz) Aftercoma,” ulas Iik.”Karena masing-masing pada sibuk, jadi ya sempat terbengkalai juga. Garry (mantan gitaris Betrayer) juga sudah sempat isi gitar di lagu “Depresionisme”, karena dia mundur akhirnya proses rekaman tertunda.”

Sedikit menengok ke belakang, cikal bakal Tremor sebrenarnya dimulai dari sebuah band thrash metal bernama Black Thirteen yang dibentuk oleh Iik (Lilik Wardiandi) pada 2007, setelah keluar dari Betrayer. Saat itu, Iik mengajak beberapa rekannya sesama musisi metal untuk menegakkan Tremor, seperti Reza “Castigation” (gitar), Rendhy “Deadsilence” (bass) dan Johan “Castigation” (dram). Penampilan pertama formasi tersebut terjadi di panggung “Blood Brothers” yang berlangsung pada Oktober 2007, di sebuah cafe/resto di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan. Lalu pada pertengahan Juli 2007, nama Black Thirteen pun resmi berubah menjadi Tremor. Sementara referensi yang menjadi nadi musik Tremor terinspirasi dari band-band seperti Kreator, Slayer, Necrodeath, Demolition Hammer, Megadeth, Metallica hingga Motorhead.

“Nah, untuk kolaborasi dengan teman-teman Aftercoma terjadi sekitar 2013 lalu, saat Tremor gue bangun lagi setelah Betrayer vakum pertengahan 2012 lalu. Gue ngajak Garry sebagai gitarisnya, tapi 2014 dia mundur. Sempat ada beberapa calon pengganti, antara lain Best Vinky Sanoe atau Rino. Karena gue pikir Best sibuk, jadi akhirnya gue ambil keputusan ngajak Rino buat gantiin Garry. Tahun 2000, Rino juga sempat gantiin posisi Garry di Betrayer, tapi nggak lama,” papar Iik yang tergabung di Betrayer selama kurang lebih enam tahun, tepatnya mulai tahun 2000 hingga 2006.

Susunan lagu di “Awal Kebangkitan”:

1) Megalomaniac  2) Bukan Musuh Besarmu  3) Depresionisme  4) Cerita Terali Besi  5) Hey Penguasa

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY