Label rekaman Rhino yang lebih berkonsentrasi pada perilisan album-album back catalog, kembali meniupkan nyawa baru pada salah satu album klasik milik band metal legendaris, Pantera, yakni “The Great Southern Trendkill”. Album tersebut kini telah genap berusia 20 tahun, dan akan dirilis ulang pada 21 Oktober 2016 mendatang dalam kemasan keping ganda (two disc) dan diberi judul “The Great Southern Trendkill: 20th Anniversary Edition”.

Selain berisi deretan trek dari album aslinya, versi reissue ini juga disertai satu keping CD yang memuat materi-materi musik yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya, termasuk yang masih berformat instrumental atau rekaman-rekaman live. Di antaranya ada versi mixing ulang lagu “The Great Southern Trendkill”, hasil mixing-an kasar lagu “Drag The Waters” dan “The Underground In America” serta rekaman instrumental lagu “13 Steps To Nowhere” dan “Living Through Me (Hell’s Wrath)”. Kemudian ada tiga trek live yang direkam dari penampilan Pantera di Dynamo Festival, Belanda pada 1998, dimana mereka menggeber lagu “War Nerve”, “Suicide Note Pt. II” dan “Sandblasted Skin”.

pantera-the-great-southern-cd

Album yang dirilis pertama kali pada 7 Mei 1996 silam ini disebut-sebut sebagai karya Philip Anselmo (vokal), Rex Brown (bass), Dimebag Darrell (gitar) dan Vinnie Paul (dram) yang paling ‘gelap’, heavy dan brutal. Di antaranya berhasil melejitkan tiga komposisi cadas bertajuk “Drag The Waters”, “Suicide Note Pt. 1” dan “Floods”.

Di tangga terlaris Billboard 200, “The Great Southern Trendkill” berhasil menduduki peringkat keempat, dan bertahan selama lebih dari 16 minggu di chart tersebut. Saat proses rekaman album ini, ‘perang dingin’ antara Phil Anselmo dengan personel lainnya sudah mulai meradang sehingga Phil memilih merekam vokalnya di studio milik Trent Reznor (nine Inch Nails) di Nothing Studios, New Orleans. Sementara Dimebag, Rex dan Vinnie merekam permainan musik mereka di Chasin Jason Studios di Dallas.

Inilah susunan lagu lengkap dalam kemasan “The Great Southern Trendkill: 20th Anniversary Edition”:

(Disc 1): 1) The Great Southern Trendkill 2) War Nerve 3) Drag The Waters 4) 10 s 5) 13 Steps To Nowhere 6) Suicide Note Pt. I 7) Suicide Note Pt. II 8) Living Through Me (Hell’s Wrath) 9) Floods 10) The Underground In America 11) (Reprise) Sandblasted Skin

(Disc 2): 1) The Great Southern Trendkill (2016 Mix) 2) War Nerve (Live 98) 3) Drag The Waters (Early Mix) 4) 10 s (Early Mix) 5) 13 Steps To Nowhere (Instrumental Version) 6) Suicide Note Pt. I (Intro) 7) Suicide Note Pt. I (Early Mix) 8) Suicide Note Pt. II (Live 98) 9) Living Through Me (Hell’s Wrath) (Instrumental Version) 10) Floods (Early Mix) 11) The Underground In America (Early Mix) 12) Sandblasted Skin (Live 98)

Pantera, awalnya adalah sebuah band glam metal, dibentuk di Arlington, Texas AS pada 1981 oleh dua bersaudara Vinnie Paul dan Dimebag Darrell dan vokalis Terry Glaze. Setahun kemudian Rex Brown bergabung menggantikan bassis sementara, Tommy D. Bradford. Setelah merilis empat album, Pantera menggeser orientasi musiknya ke format yang lebih heavy dengan mengganti posisi Terry dengan vokalis Phil Anselmo pada akhir 1986. Formasi ini lantas melahirkan album bertajuk “Power Metal” (1988). Pada 1990, Pantera memperkenalkan formula musik barunya yang berkontur groove metal lewat album “Cowboys from Hell”. Style itu terus dipertahankan lewat album selanjutnya, “Vulgar Display of Power” (1992), “Far Beyond Driven” (1994), “The Great Southern Trendkill” hingga “Reinventing the Steel” (2000), dan menjadi kan Pantera sebagai salah satu band metal paling berpengaruh di era ‘90an hingga awal 2000an.

 

Kredit foto: Joe Giron

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY