Setelah merampungkan tur dunia selama setahun setengah untuk mempromosikan album “Endless Forms Most Beautiful”, band power metal simfonik asal Finlandia, Nightwish lantas mengabadikan perjalanan tersebut dalam sebuah rilisan DVD. Diberi judul “Vehicle Of Spirit” dan akan diedarkan secara resmi mulai 9 Desember 2016 mendatang via label Nuclear Blast. Tak hanya rekaman konser yang termuat di kemasan video tersebut, tapi juga seabrek materi bonus.

“Bisa saya katakan bagian utama dari DVD ini adalah dua konser kami di Wembley (Inggris) dan Tampere (Finlandia),” ulas kibordis Tuomas Holopainen lewat siaran pers resminya. Motor penggerak utama Nightwish tersebut sengaja menyebut Wembley di awal karena statusnya yang sangat termasyhur dan legendaris. Tuomas menganggapnya sebagai sangat istimewa, sebuah pencapaian yang luar biasa. Ditambah lagi dengan kehadiran Richard Dawkins di panggung sungguh menakjubkan. Richard sendiri adalah seorang ilmuwan terkenal yang memberi pengaruh besar terhadap orientasi tematik yang mengaliri konsep album ”Endless Forms Most Beautiful”.

“Keseluruhan benar-benar sebuah pengalaman sekali seumur hidup. Konser kami di Ratina Stadion, Tampere, adalah suguhan istimewa di kandang sendiri, dengan produksi panggung terbesar yang pernah kami buat. Atmosfirnya menyenangkan sepanjang konser, dengan muka-muka lama di baris depan yang selalu ada sejak 15 tahun lalu. Mengharukan!”

“Endless Forms Most Beautiful” merupakan album studio kedelapan Nightwish yang dirilis pada akhir Maret 2015 lalu. Album rekaman studio pertama yang menghadirkan vokalis Floor Jansen dan Troy Donockley sebagai anggota tetap Nightwish. Juga merupakan album pertama tanpa kontribusi dramer Jukka Nevalainen yang ‘cuti’ karena terserang insomnia. Isian dram akhirnya dieksekusi oleh Kai Hahto dari Wintersun dan Swallow the Sun. Selain Tuomas, Floor dan Troy, Nightwish juga masih diperkuat Emppu Vuorinen (gitar) dan Marco Hietala (bass).

Selain dalam format DVD, “Vehicle Of Spirit” juga akan diedarkan dalam format Blu-ray, CD dan piringan hitam (vinyl). Berikut susunan treknya:

DVD1 (The Wembley Show)

  1. Shudder Before The Beautiful, 02. Yours Is An Empty Hope, 03. Ever Dream, 04. Storytime, 05. My Walden, 06. While Your Lips Are Still Red, 07. Élan, 08. Weak Fantasy, 09. 7 Days To The Wolves, 10. Alpenglow, 11. The Poet And The Pendulum, 12. Nemo, 13. I Want My Tears Back, 14. Stargazers, 15. Ghost Love Score, 16. Last Ride Of The Day, 17. The Greatest Show On Earth

DVD2 (The Tampere Show)

  1. Shudder Before The Beautiful, 02. Yours Is An Empty Hope, 03. Amaranth, 04. She Is My Sin, 05. Dark Chest Of Wonders, 06. My Walden, 07. The Islander, 08. Élan, 09. Weak Fantasy, 10. Storytime, 11. Endless Forms Most Beautiful, 12. Alpenglow, 13. Stargazers, 14. Sleeping Sun, 15. Ghost Love Score, 16. Last Ride Of The Day, 17. The Greatest Show On Earth

DVD3 (Extras)

  1. Weak Fantasy (Vancouver), 02. Nemo (Buenos Aires), 03. The Poet And The Pendulum (Mexico City), 04. Yours Is An Empty Hope (Joensuu), 05. 7 Days To The Wolves (Espoo, Barona Arena), 06. Sleeping Sun (Masters Of Rock), 07. Sahara (Tampa Bay), 08. Edemah Ruh acoustic (Nightwish Cruise), 09. Last Ride Of The Day (Rock In Rio feat. Tony Kakko), 10. Élan (Sydney), 11. Richard Dawkins Interview From Wembley

 

Kredit foto: Ville Akseli Juurikkala