Untuk menghormati dan mengenang Wayne Ford yang meninggal dunia pada awal 2015 lalu akibat penyakit kanker darah (leukemia), band metal asal Richmond, Virginia AS, Lamb Of God akan merilis album mini bertajuk “The Duke” pada awal Desember 2016. Wayne Ford sendiri adalah penggemar berat Lamb of God, yang lantas menjalin persahabatan dengan Randy Blythe, vokalis Lamb Of God.

Penggarapan “The Duke” sebenarnya dieksekusi saat proses rekaman album “VII: Sturm Und Drang” berlangsung. Ada lima trek yang termuat di album mini tersebut, yakni “The Duke”, “Culling”, “Still Echoes” (live at Rock Am Ring), “512” (live at Bonnaroo) dan “Engage The Fear Machine” (live at Bonnaroo).

 

Randy mulai berteman dengan Wayne pada 2012 setelah mengetahui penggemarnya itu sedang berjuang melawan leukemia. Sebagian dari cerita-cerita Wayne mengenai perjuangannya, serta pemikiran-pemikiran Randy mengenai jenis kanker tersebut lantas menjadi sumber inspirasi lagu “The Duke”. “Lagu ini untuk menghormatinya,” cetus Randy di laman resmi Lamb of God.

Sebenarnya, saat mengerjakan album “VII: Sturm Und Drang” di studio, Randy telah meminta Wayne menuliskan sesuatu yang mungkin diinginkannya untuk diketahui dunia. “Kalimat-kalimat tertentu yang mungkin ia inginkan agar orang-orang mengenangnya. Ide saya (awalnya) adalah untuk merekam suaranya (Wayne) lewat telpon dan memasukkannya ke dalam rekaman lagu. Atau mungkin juga saya bisa menggunakan kata-katanya untuk kebutuhan lirik.”

Meski hingga hari meninggalnya Wayne tak pernah mengirimkan suaranya, namun Randy tetap meneruskan niatnya. Tadinya, lagu “The Duke” disiapkan sebagai bagian dari album “VII: Sturm Und Drang”. Namun karena beberapa alasan, lagu itu diputuskan dirilis terpisah. “Saya pikir kisah di balik lagu tersebut justru akan mendapatkan perhatian yang lebih jika dirilis sendiri. Dan saya memang menginginkannya seperti itu. Selain itu mengenang pria ini (Wayne), saya juga ingin cerita ‘The Duke’ membangkitkan perhatian yang lebih tentang penyakit leukemia.”

Lamb of God yang juga diperkuat Willie Adler (gitar), Mark Morton (gitar), John Campbell (bass), Chris Adler (dram) merilis “VII: Sturm und Drang” pada 24 Juli 2015 via Epic Records dan Nuclear Blast. Antara lain menelurkan single cadas bertajuk “Still Echoes”, “512”, “Overlord”, “Erase This” dan “Embers” yang menghadirkan vokal tamu, Chino Moreno dari band metal Deftones.

 

Kredit foto: Travis Shinn

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY