Ya, Green Day semakin perkasa. Album terbarunya yang dirilis via Reprise Records sejak 7 Oktober 2016 lalu, “Revolution Radio” terus berjaya di berbagai peringkat album terlaris. Di Amerika, album tersebut langsung melesat ke posisi teratas Billboard 200, terjual sebanyak 95,000 di pekan pertama perilisannya. Merupakan album ketiga dari Green Day yang berhasil menerobos ke tangga puncak, setelah “American Idiot” (2004) dan “21st Century Breakdown” (2009). Di negara lain, “Revolution Radio” juga mendominasi tangga album terlaris di Inggris, Irelandia, Italia dan Selandia Baru.

Dan baru-baru ini, salah satu single terbarunya, “Bang Bang” – dimana video musiknya digarap oleh Tim Armstrong (Rancid) – langsung menerjang jenjang tertinggi di Billboard’s Alternative Songs Chart. Single yang diluncurkan sejak 11 Agustus lalu ini merupakan lagu ketiga Green Day yang berhasil bertengger di tangga lagu alternatif terlaris tersebut. Sebelumnya sudah pernah menempatkan “Longview” dari album “Dookie” (1994) dan “Know Your Enemy” dari album “21st Century Breakdown”.

Selain “Bang Bang”, Green Day yang masih dihuni Billie Joe Armstrong (vokal, gitar), Mike Dirnt (bass) dan Tré Cool (dram) juga sudah merilis video promo untuk single “Revolution Radio” dan “Still Breathing” serta video lirik untuk lagu “Youngblood”, “Ordinary World” dan “Say Goodbye”.

“Revolution Radio” yang memuat 12 trek punk rock bertensi tinggi direkam Green Day di Oakland, AS. Billie menyebutnya sebagai sebuah album yang mempertemukan orang-orang yang kehilangan jiwanya, setelah dunia juga kehilangan pikirannya. “Ini semacam gerakan untuk berkumpul kembali, menari bersama, bernyanyi bersama, dan saling bertemu satu sama lain. Itulah semangat yang selalu dihembuskan Green Day sejak awal.”

Green Day yang dibentuk pada 1986 silam di California telah merilis 12 album dan mencatat total angka penjualan album sebesar lebih dari 75 juta keping di seluruh dunia. Band ini juga telah mengantongi lima penghargaan Grammy, dari kategori “Best Alternative Album” (“Dookie”), “Best Rock Album” (“American Idiot”), “Record of the Year” (“Boulevard of Broken Dreams”), “Best Rock Album” (“21st Century Breakdown”) dan “Best Musical Show Album” (“American Idiot: The Original Broadway Cast Recording”).

Kredit foto: Frank Maddocks

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY