Proses penggodokan materi album yang telah dimulai sekitar awal 2015 lalu akhirnya mendekati proses akhir. Awal tahun depan, kuartet rock progresif asal Atlanta AS, Mastodon memastikan akan merilis album studio terbarunya, atau yang ketujuh. Tapi sejauh ini belum ada judul album yang ditetapkan.

Kali ini, penggarapan rekaman album yang dilakukan Brann Dailor (dram), Brent Hinds (vokal, gitar), Bill Kelliher (gitar) dan Troy Sanders (vokal, bass) di Atlanta, kembali dieksekusi bersama Brendan O’Brien, produser yang sebelumnya bertanggung jawab menggarap album “Crack The Skye”, rilisan 2009 silam. Proses mixing-nya sendiri dirampungkan di Los Angeles.

Lewat beberapa sumber, Troy Sanders selalu menegaskan bahwa konsep album terbaru Mastodon nantinya tidak akan ditemui pengulangan konsep dari album-album sebelumnya. “Setiap album akan terdengar berbeda, karena kami selalu ingin berkembang dan menciptakan jalur kami sendiri.”

Dan seperti yang tersiar lewat siaran pers resmi yang diedarkan pihak labelnya, Reprise Records, para personel Mastodon memang berkeras untuk menghadirkan tantangan pada diri mereka sendiri untuk menghasilkan leburan berbagai style, tekstur serta konsep suara di album baru Mastodon, disamping terus menajamkan karakter yang sudah melekat pada band ini. Karakter yang disebut oleh koran harian besar di Amerika Serikat, New York Times sebagai sebuah jenis metal yang cerdas, dengan penambahan unsur progresif serta sentuhan-sentuhan yang intelek, yang menempatkan genre Mastodon pada standar yang tinggi.

Setelah merilis album sebelumnya, “Once More ‘Round the Sun” (2014), Mastodon sempat menelurkan single bertajuk “White Walker” yang termuat di materi promo “Game of Thrones: Catch the Throne Vol. 2” yang ditayangkan di channel HBO TV. Sejauh ini, Mastodon yang terbentuk pada awal tahun 2000 telah merilis album “Remission” (2002), “Leviathan” (2004), “Blood Mountain” (2006), “Crack the Skye” (2009), “The Hunter” (2011) dan “Once More ‘Round the Sun”.

 

Kredit foto: Travis Shinn

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY