Walau belum ada rencana detail kapan Arch Enemy akan memulai proses penggarapan album barunya, namun para personel band melodic death metal asal Swedia tersebut, yakni Michael Amott (gitar), Daniel Erlandsson (dram), Sharlee D’Angelo (bass), Alissa White-Gluz (vokal) dan Jeff Loomis (gitar) telah melakukan pemanasan lewat rencana peluncuran sebuah rekaman video konser berformat DVD. Lewat label Century Media, Arch Enemy bakal merilis “As The Stages Burn!” pada akhir Maret 2017 mendatang.

Rekaman konser tersebut antara lain bakal memuat aksi panggung Arch Enemy di panggung megah Wacken Open Air Festival yang berlangsung di Jerman, sebagai bagian dari rangkaian tur panjang untuk promosi album “War Eternal” (2014). Kepada Spark TV, Michael Amott menyebut “As The Stages Burn!” sebagai album pelengkap yang sempurna untuk mendokumentasikan formasi baru Arch Enemy yang fresh.

“Kami telah menghabiskan waktu selama dua tahun di jalan (dalam rangka tur) dan kali ini kami ingin mendokumentasikannya. Dan penampilan kami di Wacken juga sangat istimewa. Kami bekerja keras dari segi produksi dan sejauh ini merupakan konser termegah kami.”

Untuk mempromosikan “As The Stages Burn!” yang rencananya juga akan dikemas dalam format Blu-ray, Arch Enemy kembali akan menggelar tur konser di beberapa negara Eropa seperti Jerman, Perancis, Inggris dan Belgia mulai Maret 2017 dengan menggandeng Lacuna Coil dan The Haunted sebagai band pendamping.

Tentang rencana penggarapan album berikutnya, menurut Michael Amott, para personel Arch Enemy sudah punya bekal ide-ide dan bahkan beberapa demo lagu. “Tapi kami belum benar-benar melangkah ke proses penulisan lagu. Kami terlalu sibuk di perjalanan tur, sementara kami bukan tipe band yang bisa menulis lagu saat tur. Tentu saja kami bisa saja mendapat kan ide riff atau melodi, atau ide lirik, tapi akan lebih mudah menuangkannya di rumah, di tempat yang lebih khusus, cara fokus yang berbeda.”

Album “War Eternal” adalah album studio kesembilan Arch Enemy yang dirilis pada 9 Juni 2014, dan merupakan album pertama yang menghadirkan formasi Alissa White-Gluz dan gitaris Nick Cordle. Keduanya masing-masing menggantikan Angela Gossow yang beralih menangani manajemen Arch Enemy dan gitaris Christopher Amott. Video lagu “War Eternal” sendiri mencetak kesuksesan besar di kanal YouTube, ditonton lebih dari 20 juta pasang mata. Akhir 2014, posisi Nick Cordle digantikan oleh mantan gitaris Nevermore, Jeff Loomis.

Kredit foto: Tim Tronckoe

.

 

 

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY