Walau album keduanya, “Eleven Heroes” (SEM Records) sudah rilis sejak 2015 lalu, namun Beside – band metal asal Ujungberung, Bandung – baru sekarang merilis video klip dari salah satu lagu di album tersebut, yakni “Under Hollow”. Alasannya, momennya baru dirasa tepat saat ini, kendati proses pembuatan videonya sebenarnya sudah dilakukan sejak Agustus 2015 lalu. Di video tersebut, digambarkan simbolisasi kebangkitan Beside dari keterpurukan.

Maklum, perjalanan karir band ini bisa dibilang tidak mudah. Sarat rintangan. Tidak sekali dua kali band ini gonta-ganti formasi. Dan walau telah terbentuk sejak 1997 dan merupakan salah satu band metal yang disegani di scene metal Bandung, namun Beside baru berhasil merilis album pertama yang berjudul “Against Ourselves” (Absolute Records) pada 2008 silam.  Itu pun, pesta perilisannya pada 8 Februari 2008 harus dibayar mahal dengan sebuah tragedi kelam, dimana 11 orang metalhead yang menyaksikan penampilan Beside di gedung AACC, Braga, Bandung meninggal akibat insiden  berdesak-desakan saat berebut keluar gedung. Pengalaman mengenaskan itu terus menghantui para personel Beside saat itu, yang lantas dituangkan dalam album “Eleven Heroes” sebagai bentuk dedikasi dan penghormatan terhadap 11 korban tersebut.

Usai perilisan album “Against Ourselves”, Beside sempat mengalami keterpurukan setelah nyaris seluruh personelnya hengkang. Yang tersisa hanya Bebi, sang dramer, yang kemudian menjadi satu-satunya personel tetap Beside yang masih bertahan hingga sekarang. Tapi perjuangan Bebi untuk mempertahankan Beside akhirnya perlahan berbuah manis. Dengan formasi barunya, ia pun berhasil merampungkan album “Eleven Heroes” dengan hasil akhir yang memuaskan dari segi musikalitas.

“Sudah nggak ada masalah (dengan formasi baru),” cetus Bebi, saat dihubungi MUSIKERAS. “Justru semakin solid. Keluarga baru yang terbentuk kembali!”

“Eleven Heroes” yang memuat 10 trek mulai direkam Beside sekitar November 2014 hingga Januari 2015. Sebuah proses rekaman yang sangat panjang. “Karena kami pengen hasil yang sempurna. Termasuk single yang kami keluarkan, benar-benar butuh pengamatan dan penilaian yang sangat matang untuk mengeluarkannya,” ulas Bebi meyakinkan.

Lalu, berdasarkan penilaian para personel Beside, tim manajemen serta masukan dari rekan-rekan band lainnya, Bebi dan personel lainnya pun memilih lagu “Under Hollow” sebagai single. Lagipula, dari segi lirik, tema lagu ini paling sesuai dengan kondisi yang dialami Beside. “Liriknya tentang kebersamaan dalam hidup. Saling membantu satu sama lain. Intinya ke arah sana,” cetus Bebi meyakinkan.

Saat penggarapan rekaman “Eleven Heroes”, Beside diperkuat formasi Bebi, Agung Surya (vokal), Roy Nat Siregar (gitar), Tri Afrizal (bass) dan Rizky ‘bokir’ Aditya (gitar). Sementara di “Against Ourselves”, Beside dihuni Owank (vokal), Akew (gitar), Paneu (bass), Chad (gitar) dan Bebi. (Mdy)

.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY