Akhirnya, kuartet alternative pop/indie rock bentukan 2011 lalu, Skandal, resmi meluncurkan single tersegar mereka yang bertajuk “Superfine”.

Oleh Skandal yang dihuni formasi Yogha Prasiddhamukti (vokal, tamborin), Rheza Ibrahim (gitar), Robertus Febrian Valentino (vokal, gitar) dan Argha Mahendra (dram), ”Superfine” dianggap mewakili arah kreasi musikal mereka sekarang. Ada eksplorasi estetika, sentimentalitas, kelugasan, kenaifan, melodi, dan hook dari musik dan lirik yang dihasilkan oleh para punggawa pop alternatif, power pop, rock malas, hingga indie rock Amerika dan Britania dua dekade silam. Tentunya dengan sedikit twist dan sensibilitas yang dicomot dari vibrasi band-band pop Indonesia era pertengahan ‘90an hingga jelang millennium.

“Superfine” adalah salah satu dari sedikit materi yang baru-baru ini ditulis oleh Skandal. Merupakan single pertama dari album mini debut mereka bertitel “Sugar”, yang juga akan segera resmi dirilis lewat dua label dan format yang berbeda. Yang pertama, akhir 2016 ini, dalam format cakram padat (CD) melalui Yellow Records, label rekaman asal kota yang sama. Lalu yang kedua, format kaset dalam jumlah terbatas via label independen gurem baru asal Jakarta, Winona Tapes, pada awal tahun mendatang.

Untuk urusan artwork, pengerjaannya dilakukan sendiri oleh Robertus Febrian Valentino, yang kebetulan juga seorang seniman visual muda potensial dengan karyanya yang berciri khas.

Patut disimak, lagu yang secara cuma-cuma dilepas dan bisa didengarkan melalui kanal Soundcloud serta Youtube milik mereka sejak Rabu, 30 November 2016 ini, bisa dibilang menandai berakhirnya puasa rilisan dari band asal Yogyakarta tersebut selama kurang lebih lima tahun terakhir.

Materi terakhir yang tercatat dirilis oleh Skandal adalah dua lagu demo “Sugar/Skandal” yang disebarluaskan secara digital dan dalam format CD-R berjumlah terbatas. Sisanya hanya materi-materi baru yang sudah sering dibawakan secara live dalam kurun waktu tersebut, namun sama sekali belum pernah dirilis dalam format apapun. Dalam periode itu, Skandal juga sempat mengalami beberapa kali bongkar pasang personel dan sepakat dengan situasi berjauhan jarak dengan vokalisnya yang tinggal di kota lain hingga saat ini.

Kredit foto: Mikael P. Paramasatya

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY