Ikon black metal asal Norwegia, Mayhem telah mengumumkan akan merayakan salah satu album terbaik mereka yang dirilis pada 1994 silam, “De Mysteriis Dom Sathanas” dengan membawakannya secara penuh di tur dunia yang akan mereka gelar mulai Januari 2017 mendatang. Tur tersebut akan dimulai di daratan Amerika Utara, dan setelah itu bergerak ke negara-negara lain.

Berkaitan dengan perayaan tersebut, Mayhem yang kini dihuni formasi Necrobutcher (bass), Hellhammer (dram), Attila Csihar (vokal), Teloch (gitar) dan Ghul (gitar) juga sekaligus memanfaatkan momen itu dengan merilis versi konser dari album tersebut, yang bertajuk “De Mysteriis Dom Sathanas Alive” pada 15 Desember 2016. Rekaman konser itu sendiri diabadikan dari penampilan Mayhem di Norrköping, Swedia, tahun lalu, dimana untuk pertama kalinya Mayhem membawakan materi “De Mysteriis Dom Sathanas” secara penuh.

Materi album live “De Mysteriis Dom Sathanas” sendiri direkam oleh Tore Stjerna dan NBS Audio yang sekaligus mengeksekusi mixing dan mastering-nya. Diproduseri oleh Csihar dan gitaris Teloch. Untuk penataan cahaya serta desain panggung masing-masing digarap oleh Anne Weckstrom dan Jonas Svensson. “De Mysteriis Dom Sathanas Alive” akan diedarkan dalam format  digital, CD, DVD dan piringan vinyl. Album

Mayhem terbentuk di Oslo pada 1984 silam. Mereka merupakan pionir untuk genre black metal dengan penampilan yang selalu mengundang kontroversi di awal karirnya. Pada 1991, vokalis awal mereka, Per Yngve Ohlin (“Dead”) melakukan bunuh diri dengan menambak kepalanya sendiri. Momen tragis tersebut lantas diabadikan oleh gitaris Øystein Aarseth (“Euronymous”) dengan sebuah kamera yang dibelinya dari toko terdekat. Foto Dead yang bersimbah darah hasil bidikan Euronymous tersebut sempat hilang dicuri dan kemudian muncul menghiasi sampul album bootleg live berjudul “Dawn of the Black Hearts” yang beredar pada Februari 1995. Pada Agustus 1993, Euronymous menyusul Dead, setelah tewas dibunuh oleh Varg Vikernes (“Count Grishnackh”), seorang musisi multi instrumental yang pernah membentuk proyek black metal bernama Burzum.

Sepanjang karirnya, Mayhem telah merilis lima album penuh, yakni “De Mysteriis Dom Sathanas” (1994), “Grand Declaration of War” (2000), “Chimera” (2004), “Ordo ad Chao” (2007) dan “Esoteric Warfare” (2014). “De Mysteriis Dom Sathanas” sendiri disebut-sebut sebagai salah satu album black metal paling berpengaruh di dunia sepanjang masa.

Susunan lagu di “De Mysteriis Dom Sathanas Alive”: 01. Funeral Fog, 02. Freezing Moon, 03. Cursed In Eternity, 04. Pagan Fears, 05. Life Eternal, 06. From The Dark Past, 07. Buried By Time And Dust, 08. De Mysteriis Dom Sathanas

Kredit foto: Ester Segarra

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY