Legenda heavy metal asal Seattle, Washington, AS, Sanctuary meneruskan aksi comeback-nya yang sudah dimulai sejak 2011 lalu, saat mereka tampil di beberapa festival besar seperti Wacken, Metalcamp, Bloodstock hingga 70.000 Tons Of Metal. Lalu tiga tahun kemudian, Sanctuary berhasil menelurkan album baru bertajuk “The Year The Sun Died” yang lantas diikuti tur di kawasan Eropa, Jepang dan tentunya, di Amerika Serikat.

Kini, di antara kesibukan menyiapkan album terbaru, Sanctuary yang sekarang diperkuat formasi Lenny Rutledge (gitar), Warrel Dane (vokal), Dave Budbill (dram), George Hernandez (bass) dan Nick Cordle (gitar) menyodorkan rilisan baru yang menarik. Sebuah album bertajuk “Inception” yang berisi lagu-lagu versi demo dari “Refuge Denied”, album debut Sanctuary yang dirilis pada 1987 silam.

Materi demo tersebut telah dipermak ulang kualitas suaranya, dengan melewati proses mixing serta mastering ulang. Adalah produser Chris “Zeuss” Harris (Queensrÿche, Hatebreed) yang mengeksekusi restorasi tersebut. Semuanya berawal dari penemuan Lenny Rutledge, yang mendapati master rekaman demo cikal bakal album “Refuge Denied” di gudangnya dalam kondisi agak basah dan lengket. Menurut Zeuss, ia menemukan banyak cacat di kualitas rekamannya. “Tujuh dari sembilan lagu hanya terdiri dari 16 track. Dan tak ada mikrofon pada simbal dramnya. Trek gitar sangat minimalis dan terdengar buruk, dan sangat sedikit trek untuk vokal. Bahkan ada yang terhapus. Tapi saya terkagum-kagum akan keliaran dan orisinalitas lagu-lagu di demo tersebut.”

Zeuss lantas melakukan proses restorasi selama setahun, yang ia kerjakan di sela proyek-proyek rekaman band lain yang digarapnya. Demo itu sendiri direkam pada Maret 1986 (untuk lagu “Soldiers Of Steel” dan “Battle Angels”) di Triad Studios di Redmond, Washington serta Studio One di White Center antara April dan Juli 1986.

Setelah terbentuk pada 1985, tiga tahun kemudian Sanctuary merilis “Refuge Denied” yang diproduseri oleh Dave Mustaine (Megadeth). Keperkasaan Sanctuary sempat bertahan hingga awal ‘90an, namun lantas terlibas oleh dominasi grunge, yang sempat membuat label rekaman mereka saat itu, Epic Records, memaksakan Sanctuary mengubah konsep musiknya. Pada 1992, Sanctuary pun resmi vakum. Tiga personelnya, Warrel Dane, Jim Sheppard dan gitaris Jeff Loomis (sekarang di Arch Enemy) lantas membentuk band metal baru bernama Nevermore.

“Inception” akan dirilis via Century Media Records pada 24 Februari 2017 mendatang, dikemas dalam format cakram padat (CD) Digipak, piringan vinyl dan pengunduhan digital. Berikut susunan lagu yang termuat di “Inception”:

  1. Dream Of The Incubus (4:28)
  2. Die For My Sins (3:41)
  3. Soldiers Of Steel (6:39)
  4. Death Rider / Third War (4:15)
  5. White Rabbit (Jefferson Airplane cover) (2:35)
  6. Ascension To Destiny (5:06)
  7. Battle Angels (5:19)
  8. I Am Insane (4:02)
  9. Veil Of Disguise (6:23)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY