Sebuah suguhan kolaborasi menarik dilahirkan oleh dua vokalis rock jempolan, yakni Uchie Wiby dan Njet Barmansyah, yang juga dikenal sebagai pentolan dan pendiri band rock and roll, The Flowers. Keduanya berduet di sebuah lagu bertajuk “Misteri Mimpi”.

Siapa Uchie Wiby? Di kalangan penyanyi, nama Uchie adalah jaminan mutu. Wanita bersuara serak ini adalah seorang pelatih vokal senior, penyanyi, sekaligus pencipta lagu. Sebagai penyanyi, Uchie pernah menyabet penghargaan Anugerah Musik Indonesia (AMI) 1997 untuk kategori Pendatang Baru Terbaik. Juga sempat membentuk proyek Uchie Wiby and The Revolt pertengahan tahun lalu.

Sementara sebagai instruktur vokal – profesi yang telah ia jalani selama 16 tahun – ia tercatat telah memoles banyak penyanyi. Sebutlah di antaranya seperti Maudy Ayunda, Momo (Geisha), Tantri (Kotak), Reza Artamevia, Denada, Luna Maya, Cinta Laura, Sheila Marcia, Cut Memey, Sheryl Sheinafia, bahkan hingga Vicky(Burgerkill).

Sementara Njet, bersama The Flowers, tentu sudah tak asing. Terutama bagi penikmat musik yang mengikuti perjalanan rock Tanah Air di pertengahan era ‘90an. The Flowers sendiri sangat dikenal lewat lagu “Tolong Bu Dokter”.

Uchie dan Njet mulai menggarap “Misteri Mimpi” pada Desember 2016 lalu dengan arahan Opit Bey sebagai gitaris sekaligus music producer. Lalu untuk eksekusi musiknya, ada kontribusi dari Axel Andaviar (dram), Audi Adhikara (bass) dan Eugene Bounty (saksofon). Lagu ciptaan Uchie itu sendiri berkisah tentang perjalanan hidup sepasang kekasih dalam menjalani suka duka kehidupan, saling berjanji untuk saling menjaga untuk mengejar mimpi. “Misteri Mimpi” dikemas dengan aransemen pop rock dengan sedikit sentuhan blues.

Sebenarnya, kolaborasi Uchie dan Njet bukan sekali ini terjadi. Tahun lalu, Uchie sempat terlibat sebagai musisi pendukung di proyek solo Njet, dan juga sudah beberapa kali tampil di satu panggung dalam berbagai acara musik.

“Saya pilih Njet karena suka lihat aksi panggungnya, suka dengan warna vokalnya yang khas dan berkarakter, feel dan soul-nya, dengan tarikan di nada-nada tingginya setiap bernyanyi. Itu yang membuat saya ingin sekali berkolaborasi dengan Njet. Setelah dicoba ternyata kami punya range yang sama,” ungkap Uchie kepada MUSIKERAS.

Namun, saat merekam lagu “Misteri Mimpi” tersebut, menurut Uchie, Njet sempat mengalami kesulitan untuk menjiwainya. Karena sebelumnya, lagu tersebut ditulis Uchie dengan acuan range vokalnya sendiri. “Njet harus menyesuaikan dengan nada dasar yang sama. Karena range vokal perempuan dan laki-laki itu berbeda. Tapi setelah mencoba berulang-ulang akhirnya Njet bisa menyanyikannya dengan feel (yang diinginkan).”

Saat ini, versi digital “Misteri Mimpi” sudah bisa didapatkan di berbagai kedai pasar digital, termasuk iTunes. (Mdy)

Sekadar tambahan referensi, simak video penampilan Uchie Wiby and The Revolt dan The Flowers di bawah ini:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY