Band death metal teknikal senior asal Amerika Serikat, Nile, baru saja kehilangan gitaris dan vokalis andalannya, yakni Dallas Toler-Wade, yang telah menghuni band tersebut sejak September 1997 silam. Di album rekaman Nile, Dallas mulai terlibat di penggarapan album kedua, yakni “Black Seeds of Vengeance” yang dirilis pada September 2000 sebagai gitaris, vokalis dan penulis lagu, berkolaborasi dengan frontman dan pendiri Nile, Karl Sanders.

Namun, kekosongan di tubuh Nile tidak berlangsung lama. Untuk menjalani serangkaian tur Amerika bersama Overkill, band yang pernah tampil di Hammersonic Festival, Jakarta pada 28 April 2012 silam tersebut telah merekrut gitaris baru bernama Brian Kingsland (Enthean), melengkapi formasi Karl Sanders, George Kollias (dram) dan Brad Parris (bass, vokal).

“Secara pribadi saya ingin menyampaikan terima kasih kepada Dallas Toler-Wade untuk kebersamaannya bersama band selama bertahun-tahun, dan secara tulus mendoakan yang terbaik untuk (karir) musiknya,” ucap Karl Sanders, lewat siaran pers resminya.

Ia lalu melanjutkan, para personel Nile di sisi lain juga kini senang akan kehadiran Brian Kingsland, musisi yang disebut Karl sebagai gitaris shredder yang sangat berbakat di kancah metal ekstrim. “Dia juga memiliki vokal metal yang brutal dengan jangkauan suara yang lentur. Brian juga sosok yang rendah hati, pekerja keras dan telaten, yang mana sangat memberi kami energi baru dan mengembalikan esensi dari sebuah kerja tim di Nile. Dengan adanya Brian, Nile sekarang kembali seperti era awal saat kami semua masih berfungsi sebagai unit brutal dengan serangan tiga vokalis sekaligus!”

“Brian telah membawa aura yang sangat menyegarkan buat band. Dia seorang vokalis dan gitaris yang luar biasa,” seru George Kollias menimpali.

Saat ini, Nile sudah memulai proses penulisan lagu untuk materi album berikutnya, yang rencananya dirilis pada akhir 2017 atau awal 2018. Album terakhir Nile bersama Dallas berjudul “What Should Not Be Unearthed” yang dirilis pada Agustus 2015 silam via Nuclear Blast.

Nile dibentuk di Greenville, South Carolina, AS pada 1993. Musik dan lirik mereka melebur death metal yang ekstrim dan teknikal dengan buncahan lirik yang terinspirasi kisah-kisah mistis dan religi Mesir kuno. Sejauh ini sudah merilis album “Amongst the Catacombs of Nephren-Ka” (1998), “Black Seeds of Vengeance” (2000), “In Their Darkened Shrines” (2002), “Annihilation of the Wicked” (2005), “Ithyphallic” (2007), “Those Whom the Gods Detest” (2009), “At the Gate of Sethu” (2012) dan “What Should Not Be Unearthed” (2015).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY