Sebuah film dokumenter bertajuk “Blackhearts” yang mengupas tentang ‘dunia gelap’ black metal, sebuah genre musik yang selalu dikaitkan dengan aliran Satanisme, pembakaran gereja serta pembunuhan yang terjadi di Norwegia pada 25 tahun silam, bakal segera dirilis dalam format DVD, digital dan VOD, tepatnya pada 11 April 2017 mendatang via Soundview Media Partners. Sebelumnya, film berduarsi 83 menit tersebut sudah tayang di berbagai sinema dan festival sejak Maret 2016 lalu.

Di film yang disutradarai dan ditulis oleh sineas Fredrik Horn Akselsen dan Christian Falch dari perusahaan Gammaglimt AS tersebut difokuskan pada kisah yang dijalani tiga musisi penggemar berat musik black metal, yakni Sina dari Iran, Hector dari Kolumbia serta Kaiadas dari Yunani. Mereka melakukan perjalanan ke Norwegia, menempuh risiko kehilangan nyawa, dijebloskan ke penjara dan menyerahkan jiwanya pada setan demi musik yang dianutnya.

Sina adalah satu-satunya artis black metal yang aktif di Iran, yang menamakan bandnya, From The Vastland. Dia menghadapi potensi terancam jiwanya jika memilih berangkat ke Norwegia. Hector sendiri memutuskan melakukan sebuah ritual satanik dan menyerahkan jiwanya pada Setan demi mendapatkan visa, agar ia dan bandnya, Luciferian bisa tampil di sebuah festival di Norwegia. Sementara Kaiadas adalah aktivis sebuah partai di parlemen Yunani, namun menjalani profesi sebagai musisi black metal bersama bandnya, Naer Mataron di malam hari. Kaiadas sedang menghadapi tuntutan penjara selama 20 tahun setelah tertangkap karena terlibat dalam sebuah organisasi kejahatan.

Dibanding kebanyakan film yang mengupas tentang scene black metal, “Blackhearts” dianggap menarik karena memandang dari sudut yang fresh, dimana mereka menyorot tiga kisah personal yang berbeda tentang dedikasi, ambisi, ekspektasi dan mitos dari ketiga tokoh utamanya.  Sejauh ini, “Blackhearts” telah memenangkan penghargaan kategori “Best International Documentary” di Sound On Screen Film Festival 2016 dan penghargaan “Grand Jury Honorable Mention” di Nordic/Docs 2016, Fredrikstad, Norwegia. Selain itu, film tersebut juga disambut meriah saat ditayangkan di IFFR – International Film Festival Rotterdam, Nordisk Panorama, Buffalo International Film Festival, Kosmorama International Film Festival, CIMMfest serta Buenos Aires Rojo Sangre.

Selain kisah utamanya, “Blackhearts” juga menyuguhkan materi bonus berupa sebuah kisah pendek tentang Christian black metal berjudul “White Metal Ministry”, Colombian Satanic Ritual, wawancara dengan Nocturno Culto dari Darkthrone dan Obsidian C (Keep Of Kalessin) serta video musik berjudul “Blackhearts” (From The Vastland) dan “Visions Of Nehaya” (Khonsu).

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY