Audisi band berskala Internasional, Planetrox Indonesia 2017 kembali bergulir. Pendaftaran peserta pun telah dibuka dan akan ditutup pada 19 Mei 2017 mendatang. Seperti pelaksanaan tahun lalu, kali ini satu band pemenangnya juga akan mendapatkan tiket dan akomodasi serta kesempatan istimewa untuk tampil di panggung Envol & Macadam Festival, Kanada, bersama 14 band pemenang dari negara lain.

Festival itu sendiri merupakan gelaran pesta musik rock alternatif terbesar di Kanada, yang bakal berlangsung pada 7-9 September 2017 mendatang. Band-band rock/pop yang memiliki nama besar, seperti Dinosaur Jr, SUM 41, Anti Flag, Pennywise, Bloc Party, Metric, Sinik, The Sounds, Julian Marley, Bad Religion, Mastodon, Millencolin, Hatebreed, IAM, As I Lay Dying, The Exploited, Rise Against, Lagwagon, No Use For A Name, Lights, Obey The Brave hingga The Vandals tercatat pernah meramaikan festival tersebut. Konsep penyelenggaraan Envol et Macadam Festival ini adalah merupakan festival musik selama tiga hari berturut dan terdapat 4-5 venue tertutup yang berbeda,  termasuk sebuah venue terbuka dengan kapasitas mencapai 10,000 penonton.

Tahun lalu, pemenang dari Indonesia yang berhasil melenggang ke festival tersebut adalah Rising the Fall, unit metal hardcore asal Jakarta yang terbentuk sejak Mei 2010 silam.

Syarat pendaftarannya sendiri terbuka untuk seluruh band yang berdomisili di Indonesia dan memiliki lagu karya sendiri. Untuk persyaratan lebih lengkap,  silahkan kunjungi website resminya, www.planetrox.ca, dan membayar biaya pendaftaran sebesar $10 yang dilakukan secara online melalui portal tersebut. Atau bisa juga melakukan pendaftaran offline atau via mail order, namun dikenakan biaya Rp.150.000,- dengan mengirimkan email ke planetroxindonesia@gmail.com.

Indonesia sendiri dilirik pemerintah kota Quebec karena dinilai memiliki potensi yang cukup baik dalam musik dan dunia kreatif. Selain itu, untuk melakukan penetrasi demi melangsungkan ajang ini, diadakan pula kerjasama dengan komunitas lokal di Indonesia untuk mendukung pelaksanaan audisi Planetrox tersebut. Pemerintah kota Quebec yang diwakili promoter festival Envol & Macadam ini menggandeng Heaven Records, sebagai organizer utama Planetrox di Indonesia dan juga bekerjasama dengan The Rock Campus, yang merupakan event mingguan yang mendukung pergerakan musik independen di Jakarta.

Di Indonesia, penyelenggaraan audisi Planetrox sudah berlangsung sejak 2011 silam, dan telah berhasil menghasilkan deretan pemenang untuk tampil di festival Envol et Macadam, yaitu Cupumanik (2011), Navicula (2012), Saint Loco (2013), Streetwalker (2015) dan Rising The Fall (2016). Tahapan pemilihan pemenangnya dimulai dari penyeleksian 10 band terbaik oleh pihak promoter Envol et Macadam, yang lantas bakal di-vote oleh khalayak penggemarnya setelah band-band tersebut meng-upload video masing-masing yang ditayangkan secara online/streaming. Dari proses voting tersebut, akan dipilih lima band dengan suara terbesar yang kemudian akan menjadi finalis dan tampil secara live di hadapan juri dan penonton, sebagaimana layaknya sebuah konser.

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY