Sambil menunggu momen tepat untuk mengeksekusi album debutnya, Santikarisma meluncurkan single bertajuk “Sugestivisi”, bertepatan dengan perayaan Record Store Day, 21 April 2017 lalu. Unit rock berkontur stoner asal Semarang tersebut merilis “Sugestivisi” dalam format CD promo dan membagikannya secara gratis di acara Record Store Day di Semarang. Tapi, lagu tersebut juga bisa didengarkan secara gratis melalui kanal Soundcloud atau media sosial mereka.

Saat proses penggarapan rekaman “Sugestivisi” sendiri, Riosu (vokal), Isa (gitar/vokal), Riky (gitar), Okky (bass) dan Minyut Sofyan (dram) dibantu oleh beberapa musisi Semarang, salah satunya Ryan Hypotenusa yang membantu teknis produksi di PAW studio. Lalu ada proses reamping dan mixing yang dipercayakan pada Erwin (kibordis Good Morning Everyone). Tapi khusus fase mastering, para personel Santikarisma sendiri yang turun tangan mengeksekusinya. Proses keseluruhan produksi terbilang sangat cepat, hanya seminggu.

Sambil menggiatkan promo single, materi album juga sudah sampai tahap ancang-ancang perilisan. “Sudah selesai semua, tinggal finishing dan eksukusi saja dan mencari momen yang pas. Kami sedang mencari label rekaman yang cocok untuk musik kami. Dan kami sedang proses membuat isu agar nanti launching bisa lebih kena momennya,” ulas pihak band kepada MUSIKERAS.

Seperti apa konsep musik album baru mereka nanti? “Kami memasukkan berbagai  unsur musik rock,” cetus Santikarisma lagi, meyakinkan. “Ada elemen stoner metal, punk ala Turbonegro yang dikemas tetap kental rocknya dengan beat cepat dan down tempo. Dengan vokal yang kasar tetapi tetap bernada.”

Ramuan itu, menurut pihak band, merupakan hasil leburan berbagai pengaruh dan referensi, terutama dari band-band seperti Alabama Thunderpussy, Turbonegro, Kvelertak, Kyuss, Mars Red Sky, Black Sabbath hingga band-band rock alternatif era ‘90an model Nirvana, Soundgarden dan Alice in Chains.

Sebelum “Sugestivisi”, Santikarisma yang terbentuk sejak 2012 silam, sempat merilis satu lagu demo bertajuk “Kembalikan Derajat”  pada Agustus 2014 silam. (Mdy)