Salah satu band yang masuk di deretan delapan besar terbaik di ajang “Rockin’ Battle 2017” yang diselenggarakan oleh SuperMusicID, Jakarta Blues Factory (JBF), telah merilis single keduanya, “Aku Tak Perduli” yang dicomot dari album debutnya bertajuk “All I Wanna Do” (2016). Tahun lalu, unit blues rock yang kini dihuni formasi Fawdy Irianto (gitar/vokal), Soebroto “Broto” Harry (bass) dan Seffrino Ompy (dram) telah lebih dulu meluncurkan single pembuka berjudul “Let Me Go”.

“Konsep musik (di single ‘Aku Tak Perduli’) masih mempertahankan unsur blues khas Jakarta Blues Factory,” cetus Broto kepada MUSIKERAS. Sementara untuk lirik, tema yang diulas sedikit ‘nakal’, dimana mereka menggambarkan insting laki-laki kebanyakan yang cenderung tertarik dengan wanita cantik atau seksi. “Tanpa pedulikan bahwa cewek tersebut sudah ada pasangan atau tidak… dilihat, didekati kemudian direbut,” urai Broto lagi.

“Pesan moral dari lagu ini adalah jangan pernah menyerah untuk mewujudkan apa pun yang keluar dari hati,” ungkap pihak band, seperti dikutip dari press release.

Album “All I Wanna Do” sendiri dikemas dengan warna musik blues yang segar, ringan namun enerjik. Selain itu, nuansa bluesnya pun dibuat kental dan jelas, menyiratkan optimisme dan pencerahan yang positif bagi para pendengarnya. Saat penggarapannya, para personel JBF membutuhkan waktu hampir tiga tahun untuk merampungkannya. Namun khusus lagu “Aku Tak Perduli”, pengolahan rekamannya hanya berlangsung selama sebulan.

“Cukup lama karena kesibukan masing-masing personel. Dua tahun itu (terpakai) lebih ke pengumpulan materi untuk workshop. Mulai digarap serius setelah satu tahun terakhir. Proses pengerjaan 10 lagu yang termuat di album tersebut sekitar enam bulan. Sementara untuk mixing dan mastering, mereka  hanya butuh waktu dua minggu,” ulas Broto mengenang.

Cikal bakal kelahiran JBF sendiri dimulai dari niat untuk memenuhi tantangan mengisi panggung “Jakarta International Blues Festival 2012”. Tantangan itu lantas diterima oleh JBF, yang saat itu menggunakan nama Jazz Blues Funky Trio. Sebelum diperkuat formasi yang sekarang, JBF sempat mengalami beberapa kali pergantian personel. Fawdy yang sempat menjadi gitaris pengiring untuk solois Anang Hermansyah adalah satu-satunya personel yang tersisa dari formasi awal JBF. Setelah kelar menggarap rekaman “All I Wanna Do”, JBF sempat dikibarkan sebagai duo, yang hanya dihuni Fawdy dan Broto. (MK02)