Walaupun sedang vakum, Slipknot sepertinya tetap tak ingin lepas dari radar para penggemarnya. Lewat kanal resminya di YouTube, hari ini, unit metal modern senior asal Des Moines, Iowa, AS tersebut merilis sebuah video rekaman konser berformat 360 derajat bertajuk “The Shape”, sebuah lagu yang termuat di salah satu album terbaik Slipknot, “Iowa”, rilisan Roadrunner Records pada 28 Agustus 2001 silam.

Pembuatan video “The Shape” sendiri dieksekusi oleh pemain perkusi, M. Shawn Crahan (a.k.a. Clown) yang mengonsep sendiri pengambilan gambar untuk video tersebut. Penampilan Slipknot di video tersebut direkam dari aksi panggung mereka di Knotfest USA yang berlangsung pada 25 September 2016 lalu, dimana Slipknot membawakan seluruh lagu dari album “Iowa”.

Penggarapan rekaman album kedua Slipknot, “Iowa” sendiri dilakukan di Sound City Studios dan Sound Image di Van Nuys, Los Angeles, California bersama produser Ross Robinson. Dari karya rekaman yang disebut-sebut sebagai album Slipknot paling gelap dan heavy ini, melejit beberapa nomor keras seperti “Disasterpiece”, “The Heretic Anthem”, “People = Shit” serta dua lagu yang pernah masuk nominasi Grammy Awards, “Left Behind” serta versi remix “My Plague”.

Kini, setelah merampungkan tur promo album “.5: The Gray Chapter” (rilisan Oktober 2014) pada November 2016 lalu, para personel Slipknot saat ini, yakni Sid Wilson (turntables/kibord), Chris Fehn (perkusi), Jim Root (gitar), Craig “133” Jones (samples/programming/kibord), Shawn “Clown” Crahan (perkusi/vokal latar), Mick Thomson (gitar), Corey Taylor (vokal) serta dua personel baru, Alessandro Venturella (bass) dan Jay Weinberg (dram) mulai sibuk dengan urusan masing-masing sambil menyicil materi untuk album Slipknot selanjutnya.

Corey Taylor sendiri kini tengah berkonsentrasi pada perilisan album terbaru bandnya yang lain, Stone Sour yang dijadwalkan merilis album baru bertajuk “Hydrograd” pada 30 Juni 2017 via Roadrunner Records.

Slipknot dibentuk oleh Shawn Crahan dan mendiang bassis Paul Gray (meninggal pada 24 Mei 2010) pada September 1995 silam. Dari lima album studio yang telah dirilis Slipknot, yakni “Slipknot” (1999), “Iowa” (2001), “Vol. 3: (The Subliminal Verses)” (2004), “All Hope Is Gone” (2008) dan “.5: The Gray Chapter” (2014), ada 10 lagu di antaranya yang berhasil masuk di jajaran nominasi Grammy Awards. Salah satunya, yakni “Before I Forget” berhasil memenangkan penghargaan Grammy 2006 untuk kategori “Best Metal Performance”.

Kredit foto: M. Shawn Crahan