Mungkin pernah dengar, tiga dekade silam, panggung rock pernah digegerkan oleh sebuah lagu yang seketika menjadi anthem di seluruh dunia, tak hanya di panggung musik, namun bahkan juga merambah ke dunia olahraga sebagai soundtrack pemompa semangat.  Lagu tersebut bertajuk “The Final Countdown”, karya Europe, sebuah band rock asal Swedia yang terbentuk pada 1982 silam.

“The Final Countdown” sendiri merupakan salah satu single dari album berjudul sama yang dirilis via Epic Records pada Mei 1986. Berkat lagu tersebut, reputasi Europe saat itu melesat cepat dan meraih popularitas di jenjang internasional. Terjual sebanyak lebih dari tiga juta keping di Amerika Serikat dan lebih dari 15 juta keping di seluruh dunia. Dua single dari album tersebut, “The Final Countdown” dan “Carrie” juga berhasil menempati 10 besar terlaris di daftar peringkat Billboard Hot 100.

Tiga puluh tahun kemudian, Europe yang masih eksis hingga hari ini merayakan kesuksesan album tersebut dengan menggelar konser istimewa di The Roundhouse di London, Inggris pada 12 November 2016 dan mengabadikannya ke dalam format DVD. Perekaman konser yang dieksekusi oleh Patric Ullaeus dari rEvolver Film Company AB tersebut bertitel “The Final Countdown 30th Anniversary Show – Live At The Roundhouse” dan bakal dirilis secara global pada 21 Juli 2017 mendatang.

Selain dalam format DVD, juga ada paket yang digabungkan dengan versi audio dalam dua keping cakram padat (CD), lalu dalam format BluRay serta format digital khusus untuk versi audio. Semuanya disertai booklet setebal 24 halaman. Ada pula rilisan khusus kemasan boxset yang hanya diproduksi sebanyak 1000 unit, dan menyertakan kepingan piringan hitam (vinyl) khusus untuk rekaman konser dengan materi lagu-lagu dari album “The Final Countdown” yang bakal dirilis pada September 2017 mendatang.

Tentang konser di The Roundhouse itu sendiri, vokalis Joey Tempest menggambarkannya sebagai malam yang benar-benar luar biasa. “Jauh lebih menyenangkan dari yang kami bayangkan untuk memainkan kembali keseluruhan materi album Final Countdown secara live!”

Formasi Europe sendiri saat ini masih dihuni para musisi yang juga terlibat di penggarapan album “The Final Countdown”, yakni Joey Tempest, John Norum (gitar), John Levén (bass), Mic Michaeli (kibord) dan Ian Haugland (dram). Mereka menggarap rekaman album ketiga “The Final Countdown” bersama produser Kevin Elson di beberapa studio, yakni di Powerplay Studios, Zürich (Swiss), Soundtrade Studios, Stockholm (Swedia), Mastersound Studios, Atlanta dan Fantasy Studios, Berkeley (AS) pada periode September 1985 hingga Maret 1986.

Europe selanjutnya masih merilis dua album studio yang juga sukses di skala internasional, yakni “Out of This World” (1988) dan “Prisoners in Paradise” (1991) yang menampilkan gitaris Kee Marcello (menggantikan John Norum yang mengundurkan diri pada November 1986), lalu vakum setelah merampungkan tur pada 1992. Pada Oktober 2003, Europe resmi reuni dengan formasi John Norum pada instrumen gitar. Sejauh ini, formasi tersebut telah merilis lima album studio sejak reuni, dan saat ini tengah berkumpul di Abbey Road Studio, London untuk menggarap materi album selanjutnya. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY