Setelah menjajal berbagai event panggung bersama sejak Desember tahun lalu, akhirnya Killing Me Inside (Kilms) melangkah lebih jauh dengan kolaborasinya bersama mantan vokalis trio pop rock Garasi, Aiu Ratna. Belum lama ini, kerja sama itu ditasbihkan lewat perilisan sebuah single baru bertajuk “Fractured”, yang diedarkan dalam format digital via Anoixi Records. Aiu sendiri bergabung di Kilms untuk mengisi posisi vokal yang ditinggal sementara oleh Vira Razak.

Di single tersebut, greget rock modern Kilms melebur apik dengan karakter khas vokal Aiu yang powerful namun sarat nuansa gothic rock. Dan menurut mereka, memang ada penyesuaian di sana-sini agar komposisi dan aransemen “Fractured” sesuai dengan vokal Aiu. Apalagi, lagu tersebut tadinya memang bukan diperuntukkan kolaborasi Kilms dan Aiu.

“Sebetulnya lagu itu awalnya dibuat untuk dinyanyikan oleh saya. Karena materi tersebut (awalnya) dari side project yang rencananya akan dijalankan. Ketika akhirnya diputuskan akan dibawakan Kilms feat Aiu, dari segi teknisnya terdapat beberapa berubahan kecil, seperti tangga nada yang dinaikkan empat semitones dan fill atau isian instrumen yang lebih disesuaikan dengan karakter musik Kilms,” ungkap Rudye Nugraha Putra, kibordis yang menulis “Fractured”, kepada MUSIKERAS.

Rekaman “Fractured” awalnya digarap Rudye dengan metode home recording. Tapi setelah didengar ulang oleh personel Kilms lainnya, beberapa bagian lantas mendapat penyesuaian. Misalnya di bagian interlude yang diubah oleh gitaris Josaphat Klemens. Rudye, Josaphat dan bassis Angga Tetsuya Wibisana lantas melakukan workshop sebanyak dua kali untuk menyempurnakan aransemen lagu tersebut. Sementara rekamannya sendiri dilakukan di Studio 58, Depok selama dua hari.

Dari segi konsep musik, lebih jauh Rudye mengakui tak ada referensi atau inspirasi baru yang ia terapkan di “Fractured” selain dari karakter yang sudah tertanam di Kilms saat ini. Namun di lagu tersebut, mereka lebih cenderung ingin mencoba mengedepankan sisi lain dari musik yang biasa Kilms mainkan. “Seperti memperkuat unsur electronic, lebih memainkan ambience pada gitar, serta grooving bass yang belum pernah terpakai di lagu-lagu Kilms sebelumnya.”

Sejak terbentuk pada Juni 2005 silam, Killms telah menelurkan empat album, yakni “A Fresh Start for Something New” (2009), “Killing Me Inside” (2010), “One Reason” (2012) dan “Rebirth: A New Beginning” (2014). Album yang disebut terakhir merupakan album pertama yang menghadirkan vokalis baru, Vira Razak, yang masuk menggantikan Onadio Leonardo, dan dramer Putra Pra Ramadhan, yang lantas hijrah ke Burgerkill pada awal September 2016 lalu. Dalam perjalanan karirnya, formasi Kilms pernah pula diperkuat oleh gitaris Raka Cyril (Vierra) dan vokalis Fauzan ‘Sansan’ (Pee Wee Gaskins). (MK01)

Setelah “Fractured”, apakah ada rencana Kilms untuk meneruskan kolaborasinya dengan Aiu dalam format album? “Sudah pernah ada rencana, namun untuk kelanjutannya kita tunggu saja,” cetus Rudye sedikit menjanjikan. (MK01)

.

 

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY