Kabar menggembirakan berhembus dari kubu Metallica. Lewat sebuah wawancara dengan Voir, media asal Kanada, dramer Lars Ulrich telah membocorkan rencana Metallica merilis ulang (reissue) salah satu album thrash metal terbaik didunia sepanjang masa, “Master of Puppets”. Dan konon, tak perlu menunggu lama karena pihak Metallica menjanjikan akan merealisasikan proyek tersebut tahun ini juga.

“Kami mencoba untuk merilisnya akhir tahun ini. Kami sekarang sedang menggarapnya. Tak lama lagi hadir,” cetus Lars optimistis. “Sebuah proyek yang luar biasa. Banyak sekali hal yang berhubungan dengan ‘Master Of Puppets’. Kami menghabiskan banyak waktu menggarap ‘Hardwired… To Self-Destruct’ dan ‘Master Of Puppets’ adalah proyek selanjutnya.”

Tahun lalu, Metallica juga sudah merilis ulang dua album awalnya, yakni “Kill ‘Em All” (1983) dan “Ride The Lightning” (1984) dalam kemasan box set mewah. Selain berisi album berbentuk cakram padat (CD), juga disuguhkan dalam format piringan hitam (vinyl), DVD serta kartu akses untuk pengunduhan versi MP3. Juga ada buku yang memuat foto-foto yang sebagian belum pernah dirilis, buku lirik serta beberapa poster. Nah rencananya, “Master of Puppets” kurang lebih akan mendapatkan pengemasan serupa.

“Master of Puppets” sendiri dirilis pertama kali oleh Elektra Records pada 3 Maret 1986. Direkam formasi Lars Ulrich, James Hetfield (vokal/gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Cliff Burton (bass) pada awal September hingga 27 Desember 1985 silam, di Sweet Silence Studios di Copenhagen, Denmark, bersama produser Flemming Rasmussen. Di peringkat album terlaris Billboard pada masa itu, peringkat penjualan “Master of Puppets” hanya menapaki urutan 29, namun angka penjualannya lumayan fantastis di Amerika, terjual lebih dari enam juta keping. Album yang antara lain memuat lagu “Battery”, “Welcome Home (Sanitarium)”, “Orion” (Instrumental) dan “Master Of Puppets” tersebut juga merupakan album terakhir yang melibatkan kontribusi Cliff Burton, yang meninggal secara tragis akibat kecelakaan bis pada September 1986 silam, saat melakukan perjalanan tur di Eropa.

Sampai saat ini, Metallica yang terbentuk di Los Angeles, AS pada 1981 telah melahirkan 10 album studio, empat album rekaman konser dan 37 single. Enam album di antaranya tercatat berhasil menempati peringkat terlaris di Amerika versi Billboard 200 saat pertama kali dirilis. Sementara penjualan keseluruhan album mencapai lebih dari 115 juta keping di seluruh dunia. Selain sukses secara komersil, beberapa album dan single juga berhasil mendatangkan delapan penghargaan Grammy buat Metallica. Sebelum diperkuat formasi Lars, james, Kirk dan bassis Rob Trujillo, Metallica pernah pula diperkuat gitaris Dave Mustaine (1982–1983), bassis Ron McGovney (1982) dan Jason Newsted (1986–2001). (MK02)

Kredit foto: Ross Halfin

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY