Tepat dua tahun sejak merilis album debut “Birth And The Burial”, Act of Defiance yang dihuni dua musisi jebolan Megadeth, yakni dramer Shawn Drover dan gitaris Chris Broderick, plus dukungan vokalis dari Scar the Martyr, Henry Derek Bonner serta bassis Matt Bachand (mantan gitaris Shadows Fall) ini siap meluncurkan karya rekaman keduanya.

Belum lama ini, pihak label Metal Blade Records telah mengumumkan bahwa album terbaru Act of Defiance yang bertajuk “Old Scars, New Wounds” bakal dirilis pada 29 September 2017 mendatang. Sebagai pembuka jalan, unit metal asal Los Angeles, AS tersebut telah menayangkan video klip garapan Robert Graves untuk single baru yang berjudul “M.I.A.”.

Pengolahan rekaman 11 lagu mematikan di “Old Scars, New Wounds” dieksekusi bersama Dave Otero (Cephalic Carnage) untuk tahapan penataan suara (mixing). Sementara untuk desain sampul album, Act of Defiance menggandeng Travis Smith yang sebelumnya pernah merancang artwork album milik King Diamond, Opeth, Avenged Sevenfold dan Strapping Young Lad.

Walau keempat personelnya tinggal di tempat yang terpisah, namun proses penggarapan materi album baru ini tetap berjalan lancar tanpa kendala berarti. Mereka saling berkirim demo dan lantas merekamnya di studio masing-masing. Chris merekam permainan gitarnya di studio miliknya sendiri, Ill-Fated Studios di Los Angeles, sementara Derek merekam vokalnya di Red Light Studios, juga berlokasi di Los angeles. Kontribusi Matt Bachand dieksekusi di Manshark, di South Hampton, Massachusetts dan isian dram Shawn Drover di Glow In The Dark Studios, Atlanta.

Seperti album sebelumnya, “Old Scars, New Wounds” juga menyuguhkan keterampilan tingkat tinggi para personelnya dalam mengolah struktur lagu yang tak sekadar teknikal, namun juga terdengar fresh, dinamis, variatif dan tentu saja, sangat berkontur metal. Karena kali ini, materi yang mereka garap sudah melibatkan keempat personelnya secara maksimal. Sementara di album sebelumnya, Chris dan Shawn menggarapnya di saat Derek dan Matt sedang dalam proses perekrutan.

“Sangat menyenangkan rasanya mempunyai band dimana setiap personel bisa menyumbangkan ide secara adil. Kini kami makin saling mengenal satu sama lain dibanding sebelumnya, jadi kurang lebih sudah tahu bagaimana harus berkontribusi di album ini. Lebih terlihat proses bekerja sama. Menurut saya kita harus mengesampingkan ego dan menganggap opini personel lain itu layak,” urai Chris semangat.

Perilisan “Old Scars, New Wounds” sendiri bakal dikemas dalam beberapa format berbeda. Selain dalam bentuk cakram padat (CD) standar serta digital, juga akan diedarkan dalam format piringan hitam (vinyl) dengan tiga varian, yakni 180g Black Vinyl untuk pasar Eropa, Golden Vinyl – juga untuk wilayah Eropa namun hanya dicetak sebanyak 100 keping – serta Auburn Marbled Vinyl untuk peredaran di Amerika Serikat dan hanya dicetak sejumlah 300 keping. 

Act of Defiance terbentuk pada 2014, tak lama setelah Shawn Drover dan gitaris Chris Broderick hengkang dari formasi Megadeth pada November 2014. (MK03)

Kredit foto: Stephanie Cabral

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY