Usai melakukan pemanasan dengan perilisan ulang album “Nocturnal” format piringan hitam (vinyl) dalam jumlah terbatas pada 28 Juli 2017 lalu, kini unit melodic death metal asal Michigan, AS, The Black Dahlia Murder bersiap meluncurkan album studio terbarunya. Kali ini diberi judul “Nightbringers” dan akan mulai diedarkan oleh label Metal Blade Records pada 6 Oktober 2017 mendatang.

Penggarapan album tersebut, menurut pihak band, dieksekusi dengan metode yang sangat organik. Di bawah komando gitaris Brian Eschbach yang membentuk The Black Dahlia Murder bersama vokalis Trevor Strnad pada 2001 silam, olahan musik mereka dibuat lebih kaya dengan riff-riff yang dinamis, menggabungkan berbagai elemen metal yang variatif, fresh namun tanpa meninggalkan ciri klasik The Black Dahlia Murder.

Selain Brian dan Trevor, proses penggarapan musik “Nightbringers” juga diperkuat formasi Max Lavelle (bass), Alan Cassidy (dram) serta gitaris yang baru bergabung tahun lalu, Brandon Ellis. Sebelumnya, Brandon pernah menghuni band Arsis dan Cannabis Corpse.

Perilisan ulang “Nocturnal” sendiri dilakukan untuk merayakan 10 tahun usia peredaran album tersebut, dan hanya dicetak sebanyak 1000 keping dan telah tersedia di pasaran sejak 28 Juli 2017 lalu. “Nocturnal” adalah album studio ketiga The Black Dahlia Murder yang dirilis pertama kali pada 18 September 2007. Merupakan album pertama mereka yang dihuni bassis Ryan “Bart” Williams dan dramer Shannon Lucas. Juga merupakan album terakhir yang menghadirkan kontribusi gitaris John Kempainen. Proses rekaman “Nocturnal” digarap bersama produser Jason Suecof, yang juga mengeksekusi proses mixing.

The Black Dahlia Murder tercatat pernah tiga kali manggung di Jakarta, Indonesia, yakni di Hall Basket, Gelora Bung Karno Senayan, (3 November 2007), Parkir Kolam Renang Senayan (17 Februari 2012) dan Hammersonic Festival, Ancol (7 Mei 2017).

Band yang dibentuk pada 2001 ini terakhir kali merilis album pada 2015 lalu, yang bertajuk “Abysmal” via Metal Blade Records, dengan formasi Trevor Strnad (vokal), Brian Eschbach (gitar), Ryan Knight (gitar), Alan Cassidy (dram) dan Max Lavelle (bass). Namun sejak Februari 2016 lalu, Ryan Knight mengundurkan diri dan kini digantikan Brandon Ellis. (MK03)

.