Sekitar lima bulan setelah merilis album “Emperor Of Sand”, unit progressive metal asal Atlanta, AS, Mastodon kembali mengumumkan bakal meluncurkan sebuah rilisan baru. Tepatnya pada 22 September 2017 nanti, Brent Hinds (gitar/vokal), Bill Kelliher (gitar), Troy Sanders (bass) dan Brann Dailor (dram) bakal meluncurkan sebuah album mini (EP) bertajuk “Cold Dark Place” via Reprise Records. Selain dalam format cakram padat (CD) dan digital, pihak label juga akan meluncurkan versi piringan hitam (vinyl) 10 inch dalam jumlah terbatas pada 27 Oktober 2017 mendatang.

Ada empat trek yang termuat di EP tersebut, dan semuanya belum pernah dirilis sebelumnya. Tiga lagu di antaranya, yakni “North Side Star”, “Blue Walsh” dan “Cold Dark Place” direkam saat Mastodon menggarap album “Once More ‘Round The Sun” (2014) bersama produser Nick Raskulinecz. Sementara satu lagu lainnya yang berjudul “Toe To Toes” direkam bersama materi lain di album “Emperor Of Sand”.

Penggarapan album “Emperor Of Sand” sendiri dieksekusi di The Quarry Recording Studio di Kennesaw, Georgia dan Henson Recording Studios di Los Angeles, AS. Kali ini, Mastodon kembali kembali menggandeng produser Brendan O’Brien untuk berkolaborasi. Brendan sendiri pertama kali menangani rekaman Mastodon di album “Crack the Skye” (2009).

“Kami merefleksikan keabadian,” ujar bassis/vokalis Troy Sanders, mengenai album “Emperor Of Sand”. Kesimpulannya, album tersebut merangkum keseluruhan diskografi Mastodon. Jadi proses pembuatannya selama 17 tahun, tapi juga memiliki reaksi langsung dari apa yang terjadi selama dua tahun terakhir. “Kami cenderung menggambarkan inspirasi dari hal-hal yang terjadi dalam kehidupan kami.”

Selain dikemas dalam format digital serta cakram padat (CD) standar, “Emperor of Sand” juga dijual dalam format dua keping piringan hitam (vinyl) 180g. 

Mastodon yang terbentuk pada awal 2000an sejauh ini sudah merilis enam album studio, di antaranya “Leviathan” yang didaulat oleh majalah Revolver, Kerrang! dan Terrorizer sebagai “Album of the Year in 2004” dan album “Blood Mountain” (2006) yang berhasil masuk nominasi “Best Metal Performance” di ajang Grammy Awards 2007. Pada penyelenggaraan Grammy Awards 2012, Mastodon kembali masuk nominasi, kali ini untuk kategori “Best Hard Rock/Metal Performance” lewat lagu “Curl of the Burl” yang termuat di album “The Hunter” (2012). (MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY