Gitaris virtuoso dunia, Joe Satriani sepertinya bakal membawa penyegaran baru di suguhan musiknya. Setidaknya tersirat dari formasi band yang mendukung penggarapan album barunya, “What Happens Next” yang segera dirilis pada 12 Januari 2018 mendatang via label Sony/Legacy Recordings.

Di karya rekaman terbaru yang memuat selusin komposisi instrumental tersebut – tidak tanggung-tanggung – Joe menggandeng dua musisi kelas elit untuk mengiringinya di rhythm section, yakni Glenn Hughes, pembetot bass legendaris yang pernah menghuni band Deep Purple dan kini kembali mengibarkan formasi Black Country Communion serta Chad Smith, dramer Red Hot Chili Peppers yang juga merupakan rekan seband Joe di Chickenfoot. Hasil kolaborasi formasi fantastis ini lantas dipertajam oleh sentuhan produser dan engineer langganan Joe, Mike Fraser yang juga sekaligus mengeksekusi mixing. Mike sendiri sudah mendampingi Joe sejak album “Crystal Planet” (1998) dan juga tercatat menangani pengolahan suara untuk album-album milik AC/DC sejak awal ‘90an.

Sebagai langkah promosi, sehari sebelum peluncuran resmi “What Happens Next”, Joe Satriani bakal menggelar tur G3 di Amerika Serikat, dimana kali ini ia mengajak dua gitaris pendampingnya, yakni John Petrucci (Dream Theater) dan Phil Collen (Def Leppard). Proyek G3 ini sendiri sudah dimulai Joe sejak 1996 silam, dengan formasi Steve Vai dan Eric Johnson. Lalu terus berkembang dengan formasi berbeda-beda, di antaranya melibatkan Steve Morse, Yngwie J. Malmsteen, Paul Gilbert hingga Steve Lukather.

“Saya sebenarnya agak terkejut dengan perkembangan pesat G3, dimana saya sendiri (justru) tidak bisa seperti itu,” seru Joe sambil tertawa. “Saya pikir (karena) daya tarik dan chemistry dari tiga gitaris papan atas berkolaborasi di atas panggung. Tak bisa diprediksi, liar, menyenangkan – segalanya yang dibutuhkan dalam sebuah pertunjukan.”

Sebelum namanya melejit sebagai salah satu gitaris rock terbaik di era ‘80an, Joe menjalani profesi sebagai instruktur gitar yang antara lain pernah mengajari gitaris besar saat ini seperti Steve Vai, Kirk Hammett, Andy Timmons hingga Alex Skolnick. Pada 1988, setahun setelah namanya berkibar luas berkat kesuksesan album solo “Surfing with theAlien”, Joe direkrut oleh Mick Jagger, vokalis The Rolling Stones untuk mendukung tur band solonya. Pada November 1993, Joe juga sempat memperkuat band rock legendaris Deep Purple menggantikan Ritchie Blackmore untuk beberapa jadwal tur.

Sejauh ini, Joe sudah merilis 15 album studio dengan angka penjualan keseluruhan lebih dari 10 juta keping di seluruh dunia. Dan di antaranya, berhasil menghasilkan 15 nominasi Grammy Awards. Sementara komposisi lagunya yang dikenal luas publik rock antara lain “Surfing with the Alien”, “Satch Boogie”, “Always with Me, Always with You”, “Crushing Day”, “Flying in a Blue Dream”, “The Extremist”, “Summer Song”, ”Cool #9” dan “The Crush of Love”. (MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY