JumperFi adalah salah satu talenta rock berpotensi besar yang turut meramaikan album kompilasi digital “MUSIKERAS CRACKED IT! VOL. 3” yang telah dirilis oleh MUSIKERAS dan LOCKER MEDIA pada 29 September 2017 lalu. Band yang dihuni formasi CAS coldfire (vokal), Tino Hutabarat (gitar), Jupiter Jupi (bass) dan Kevin Sugito (dram) tersebut menyumbangkan sebuah komposisi rock modern bertajuk “Gameriot”.

Tema lirik yang positif menjadi kekuatan utama lagu tersebut. Seperti yang diungkapkan oleh Tino Hutabarat kepada MUSIKERAS, “Gameriot” semacam anthem tentang kehidupan keras dan kompleks yang harus dihadapi dan tidak boleh menyerah. “Seperti permainan yang kompleks, tapi selalu pilihan kita yang menentukan yangg terbaik. Kita harus kuat karena selalu kita yang bisa nentuin pilihan.”

“Gameriot” sendiri lahir dari ide Tino yang lantas diberi suntikan ‘emosi’ dari Cas. Dari situ lagu dimatangkan lewat jamming dengan personel lainnya sampai menjadi demo. Dan saat lagu tersebut direkam, kembali mendapatkan pematangan dari Adhitya Pratama, produser yang menangani proses persiapan album debut JumperFi.

Dari segi konsep musikal, JumperFi yang sudah menggeliat sejak November 2013 banyak menyerap referensi dari band-band rock modern seperti Papa Roach, Hoobastank, P.O.D., One OK Rock hingga Thousand Foot Krutch. “Kebanyakan band rock modern, karena kami tumbuh di era 2000an, tapi kami malah rada suka yang nggak terlalu top. Kami suka yang lagu-lagunya anthemic,” ungkap Tino lebih jauh.

Namun segala referensi tersebut dibaurkan dengan pengaruh dari masing-masing personel. Seperti Kevin misalnya, yang cenderung menyukai band semacam Bring Me the Horizon, punk dan metal. Lalu Cas lebih ke modern rock model One OK Rock, 30 Second to Mars dan Myles Kennedy (Alter Bridge). Jupi malah lebih mengarah ke jazz fusion, dan mengagumi Jaco Pastorius. “Gue pribadi, inspirasi terbesar datang dari Tom Morello, Mark Tremonti dan John Frusciante. Gue suka gimana as guitar player ngegawangi band,” urai Tino menegaskan.

Oh ya, selain JumperFi, album kompilasi digital “MUSIKERAS CRACKED IT! VOL. 3” juga menghadirkan lima band aliran keras lain, yaitu band rock legendaris Grassrock, lantas ada Kelompok Penerbang Roket dan OMNI, kemudian pejuang death metal Straightout serta unit penganut paham instrumental progressive metal/djent, Dunia. Kini, lagu-lagu mereka sudah bisa didapatkan di berbagai gerai digital seperti iTunes, Spotify, Joox dan lain-lainnya.

Lebih jauh mengenai komposisi album “MUSIKERAS CRACKED IT! VOL. 3”, kami akan kembali membahasnya di portal ini secara lebih rinci, termasuk judul-judul lagunya. Jangan lewatkan pula cerita Grassrock mengenai lagu yang mereka persembahkan buat kompilasi ini – plus perisapan perilisan album terbarunya – di Majalah Digital Musikeras #11, yang bakal tersedia untuk pengunduhan gratis di portal ini pada awal Oktober 2017 mendatang. (*)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY