Pasangan gitaris rock yang tengah dimabuk asmara, Richie Sambora dan Orianthi akhirnya melepas album mini kolaborasi pertamanya, yang berjudul “Rise”, pada 29 September 2017 lalu. Keduanya menyebut kolaborasi mereka dengan nama “RSO”. Richie sebelumnya dikenal sebagai gitaris raksasa rock Bon Jovi, sementara Orianthi melesat namanya ketika dipilih oleh mendiang Raja Pop, Michael Jackson sebagai gitaris utamanya untuk tur dunia “This Is It”.

“Rise” sendiri menyuguhkan konsep rock yang variatif, merambah berbagai elemen seperti blues, R&B hingga country. Menurut Richie, sisi musikal seperti itulah yang selama ini luput diperhatikan banyak orang. “Saya selalu dilihat sebagai gitaris di Bon Jovi dan Orianthi adalah gitaris Michael Jackson. Padahal masih banyak rahasia (musikal) yang belum pernah ditemukan orang.”   

Richie dan Orianthi pertama kali bertemu di Hawaii pada 2013, saat Richie diundang oleh penyanyi rock legendaris Alice Cooper untuk berkolaborasi di sebuah konser amal. Saat itu, Orianthi masih berstatus sebagai gitaris band Alice Cooper (yang sempat pula tampil di Jakarta pada 7 Oktober 2011 silam). Dan ketika keduanya melakukan jamming, Orianthi yang pernah sepanggung dengan musisi besar seperti Santana, Prince, ZZ TOP dan Steve Vai mengakui langsung ‘klik’. “Setelah itu Richie mengajak saya nongkrong dan kami mulai menulis lagu berdua, dan langsung terasa chemistry-nya.”

“Sejak pertama kali kami tampil bersama di panggung, terasa ada kekuatan. Saya pribadi (saat itu) merasa (kolaborasi) ini akan ada lanjutannya,” ungkap Richie, yang langsung mengajak Orianthi tur bersama ke Australia dan Eropa dua bulan kemudian.

Sebagian besar lagu yang diramu di album “Rise” dieksekusi di studio rumahan yang dibangun Richie dan Orianthi di kediaman pribadi mereka di Los Angeles, AS. Keduanya didampingi produser rock legendaris, Bob Rock (Metallica). (MK02)

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY