Perhelatan festival musik paling bergengsi di Makassar, Sulawesi Selatan, Rock In Celebes kembali bergulir. Kali ini memasuki tahun ke-8 penyelenggaraannya dan sekali lagi bakal menampilkan performa dari band-band terbaik nasional dan lokal dari ranah musik independen. Pada puncak penyelenggaraan selama dua hari, yakni 4-5 November 2017 mendatang, Rock In Celebes digeber di tiga panggung yang berlokasi di Pelataran Parkir Mall Phinisi Point (PIPO), spot ikonis yang berlokasi strategis di gerbang Tanjung Bunga dengan latar Pantai Losari.

Di panggung Go Ahead, akan menghadirkan performa The Brandals, Sore, Scaller, The Hydrant, Kapital, Morfem, Elephant Kind, Black Revolver, Makassar Rocksteady dan Mekuji Rasta. Lalu di Navasvara Stage ada Deadsquad, Hellcrust, Frontxside, Gerram, Neurosesick, Scarhead Barricade, Cruciatus, Call Me A Dog, Tandus dan Marsins. Panggung ketiga adalah Siasat Intimate yang bakal digetarkan oleh Stars And Rabbit, Goodnight Electric, Mondo Gascaro, Jason Ranti, Tabasco, Shal, Clementine dan Dheandra.

Melihat nama-nama penampil yang berpartisipasi, ya, tidak semuanya mewakili skena rock dan metal. Karena menurut siaran pers yang diterima redaksi, Rock In Celebes” memang diklaim sebagai festival musik yang umum. 

“Sebagian besar masih beranggapan ini adalah festival musik rock atau metal, padahal tidak hanya menampilkan musik itu, bahkan tidak hanya pertunjukan musik non-stop. Nama ‘Rock In Celebes’ diambil sebagai sebuah gerakan yang ‘menggebrak’ dari Makassar, dikemas dalam bentuk festival yang menampilkan musik secara universal, khususnya musik-musik baru dengan serangkaian sub-kultur lainnya yang terus tumbuh berkembang dan ber-komunitas,” demikian penjelasan pihak penyelenggara.

Sejauh ini, Rock In Celebes telah menjalankan konsep yang terintegrasi jauh sebelum puncak penyelenggaraannya, bagaimana membuka pikiran para pelaku yang memiliki bakat dan minat, agar bisa naik ke jenjang berikutnya. Rock In Celebes telah mengkurasi dan memberi ruang kepada musisi atau band-band baru hingga artis papan atas baik dari lokal, nasional maupun luar negeri yang memiliki penggemar dengan komunitas yang solid dan konsisten. Pihak penyelenggara memaksimalkan integrasi digital atau online terhadap beberapa program, yang bertujuan memberikan paparan perjalanan hingga ke puncak atau festival utama, berupa informasi dan bimbingan serta kesempatan yang dibutuhkan oleh pelaku dan audience terkait, yang tersebar secara global.

Rock In Celebes Festival sendiri terus berinovasi. Tiga tahun terakhir ini bahkan telah memperluas jaringan dan kegiatan dengan melakukan program satelit dan kolaborasi bersama komunitas atau kolektif melalui gathering, workshop dan kompetisi untuk menjaring para pelaku baru dan potensial agar bisa mengeksplorasi karya lebih jauh hingga mendapatkan kesempatan untuk bisa tampil di rangkaian puncak festival dan kegiatan yang terafiliasi.

Dengan konsistensi seperti itu, Rock In Celebes dirancang untuk dijalankan dalam kerangka waktu yang panjang, tidak hanya bertahan lama tapi terus berkembang memberikan kontribusi yang kongkrit terhadap kancah musik Indonesia.

Setelah sukses diselenggarakan selama tujuh tahun berturut-turut sejak bergulir pertama kali pada 2010, festival tahunan ini ingin membuktikan bahwa Rock In Celebes bisa dinikmati semua kalangan pecinta musik apapun, dengan menampilkan lineup yang lebih beragam dan selalu menarik untuk disimak.

Untuk tiket masuk, pihak penyelenggara memberi penawaran paket, yakni ‘Early Bird’ seharga Rp. 50.000 untuk dua hari selama periode 1-8 Oktober, ‘Presale’ seharga Rp. 75.000. untuk dua hari selama 9-31 Oktober, dan ‘Normal’ seharga Rp. 100.000 untuk dua hari selama 1-4 November. Penjualan tiket tersedia secara online di www.rockincelebes.com/tickets dan secara offline yang bisa didapatkan di gerai tiket seperti Chambers Shop, Immortal Shop, God City, Lo-ving Subplaza, Issue Shop dan Undersiege Shop.

Untuk info lebih detail, silakan pantau terus informasi dan perkembangan Rock In Celebes di situs resminya: rockincelebes.com dan social media (Facebook, Twitter dan Instagram) serta Line @rockincelebes. (MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY