Di ranah musik-musik independen, siapa yang tak tahu Bandcamp, sebuah platform untuk promosi artis dan karya-karya lagunya, sekaligus sebagai toko musik online yang telah menggeliat sejak 2008 silam dan tetap konsisten hingga saat ini.

Nah, kini ada berita menggembirakan dari kubu Bandcamp. Untuk lebih memaksimalkan layanannya terhadap para musisi independen, kini perusahaan independen tersebut telah meluncurkan aplikasi baru buat para artis dan label rekaman. Aplikasi tersebut tersedia untuk pengguna Android maupun iOS dan gratis!

Apa kelebihannya? Menurut penjelasan di blog resmi mereka, aplikasi baru ini memberikan statistik yang lebih real-time dan mampu memaksimalkan interaksi antara artis dengan para penggemarnya. Pihak artis atau label juga bisa lebih mudah mengakses dan mengetahui berapa banyak orang yang mendengarkan karya-karya musik mereka secara lebih detail, dan bahkan bisa mengetahui berapa jumlah penggemarnya yang melewatkan – atau tanpa mendengarkan secara penuh – lagu-lagu mereka.

Selain itu, ada pula fitur yang lebih memudahkan proses komunikasi antara artis dengan penggemar lewat pengiriman pesan atau foto-foto, sehingga memberikan keuntungan bagi artis atau label untuk menargetkan sasaran pasar yang diinginkan berdasarkan lokasi atau tingkatan dukungannya. Bahkan, lewat aplikasi itu pula, artis dan label juga bisa memanfaatkannya sebagai wadah untuk penjualan merchandise, yang sangat mudah diakses oleh calon pembeli jika ingin memilih produk yang diinginkan.

Bandcamp adalah sebuah perusahaan pribadi asal Amerika Serikat yang didirikan pada 2007 oleh Ethan Diamond serta programmer Shawn Grunberger. Keduanya juga lantas berkolaborasi dengan dua programmer lainnya yakni Joe Holt dan Neal Tucker untuk mengembangkan Bandcamp.

Kelebihan utama Bandcamp adalah penyediaan situs mikro untuk sharing karya musik yang bisa dimodifikasi sendiri oleh para artis atau label yang menggunakannya, sesuai dengan kebutuhan promosinya. Seluruh trek yang diunggah bisa didengarkan secara gratis oleh pengunjung situs tersebut, namun disediakan pula fitur akses untuk pembelian trek-trek yang dipromosikan dengan harga yang fleksibel. Bahkan bisa dalam bentuk donasi. Dan ya, situs ini juga terintegrasi ke berbagai kanal media sosial. Pada awal 2015, para artis yang menggunakan Bandcamp konon telah berhasil meraup dana sebesar USD100 juta  untuk keseluruhan penjualan karya musiknya. (Mdy)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY