Perubahan formasi dalam sebuah band adalah peristiwa lumrah. Dan hal itulah yang sedang dialami oleh legenda black metal asal Swedia, Dark Funeral. Mereka baru saja kehilangan dramer Nils “Dominator” Fjellström yang sudah tergabung selama kurang lebih satu dekade.

Dengan sangat menyesal kami harus menginformasikan kepada anda semua bahwa kami terpaksa harus melepas Nils “Dominator” Fjellstroem untuk mengambil waktu menyelesaikan masalah-masalah pribadinya. Kami tentunya mendoakan yang terbaik buatnya,” ujar gitaris Lord Ahriman lewat siaran pers resminya.

Tapi bagi personel lainnya, kehilangan satu personel bukan menjadi alasan untuk tersendat. Dengan sigap, seorang dramer ekstrim baru yang sangat berbakat bernama Jalomaah telah direkrut sebagai pengganti sementara, sampai ada pengumuman resmi dari pihak band mengenai formasi terbaru.

Di laman Facebook resmi Dark Funeral, pihak band telah menayangkan sebuah rekaman video latihan yang memperlihatkan Lord Ahriman (gitar), Bo “Chaq Mol” Karlsson (gitar), Andreas “Heljarmadr” Vingbäck (vokal) dan Jalomaah mengeksekusi komposisi “The Arrival Of Satan’s Empire” sebagai persiapan penampilan di Aalborg Metal Festival, Denmark, 10 November 2017 lalu.

“Dunia terus berputar, begitu pula dengan Dark Funeral. Seluruh jadwal tur tetap sesuai rencana. Terus ikuti pengumuman dari kami selanjutnya. 2018 bakal menjadi tahun yang epik buat kami karena ada dua hal yang akan kami rayakan, album klasik kami ‘Vobiscum Satanas’ akan memasuki tahun ke-20 perilisannya dan Dark Funeral sendiri juga merayakan ulang tahun ke-25 tahun sebagai band!”

“Vobiscum Satanas” – atau dalam bahasa Indonesia kurang lebih berarti “Semoga setan menyertaimu” adalah album studio kedua Dark Funeral yang menghadirkan kontribusi pertama vokalis dan penulis lirik Emperor Magus Caligula, serta merupakan satu-satunya album yang melibatkan permainan gitar dari Typhos serta permainan dram Alzazmon. Album tersebut dirilis pada 27 April 1998 silam di bawah arahan produser Peter Tägtgren. Pada 2007, “Vobiscum Satanas” sempat dirilis ulang (remastered) via label Regain Records, yang diedarkan dalam jumlah terbatas, yakni hanya sebanyak 3000 keping.

Dark Funeral terbentuk pada 1993 di Stockholm oleh gitaris Blackmoon dan Lord Ahriman. Tapi Blackmoon hanya bertahan selama tiga tahun dan meninggal dunia pada 2013 lalu. Sejauh ini, Dark Funeral telah menghasilkan album “The Secrets of the Black Arts” (1996), “Vobiscum Satanas” (1998), “Diabolis Interium” (2001), “Attera Totus Sanctus” (2005), “Angelus Exuro pro Eternus” (2009) dan “Where Shadows Forever Reign” (2016). (MK02)

Kredit foto: Konstantin Smirnov

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY