Perkembangan teknologi digital dalam dunia musik semakin memudahkan proses kreativitas musisi. Seperti yang dilakukan Toontrack, sebuah perusahaan pengembang perangkat lunak (software) untuk produksi musik. Sepanjang November 2017 ini, Toontrack secara khusus mendedikasikan beberapa produk rilisan terbarunya untuk para musisi metal dalam sebuah program bertajuk “Metal Month”. 

Salah satu produknya yang baru diluncurkan adalah software “Thrash Metal MIDI”. Ya, sesuai namanya, paket ini tepatnya menyediakan koleksi ratusan pola atau pattern isian permainan dram thrash metal individual yang siap pakai untuk kebutuhan pembuatan demo lagu. Pilihan yang disuguhkan mulai dari part intro, verse, chorus, bridge, fills dan seterusnya. Style yang ditawarkan pun sangat beragam, mulai dari kebrutalan thrash metal era ’80an hingga hari ini, dengan pilihan tempo yang terentang mulai dari 120 BPM hingga 240 BPM.

Masih dalam rangka Metal Month, Toontrack sebelumnya juga telah meluncurkan paket “Death Metal MIDI”, yang menghadirkan permainan dram dari Dave McGraw dari Cattle Decapitation, sebuah unit extreme metal asal California, AS. Di paket ini, menu yang dihadirkan kurang lebih sama dengan paket “Thrash Metal MIDI”. Namun tentunya, pola permainan yang disuguhkan berbeda, dimana kali ini lebih fokus ke gaya extreme death metal dan dengan pilihan tempo antara 88 BPM hingga 260 BPM.

Lalu buat yang menekuni style metal yang lebih modern, Toontrack juga merilis paket “Doom/Core MIDI”, yang menghadirkan permainan dram dari Jami Morgan, dari unit hardcore/metal Code Orange. Ratusan pilihan pola permainan dram di paket ini mengeksplorasi keagresifan segala macam pola dalam konteks modern heavy rock/metal yang banyak digemari saat ini, dengan pilihan tempo 80 BPM hingga 200 BPM.

Lalu pada 21 November mendatang, Toontrack juga bakal melepas software baru berjudul “The Rock Foundry SDX” yang disupervisi langsung oleh Bob Rock, produser legendaris yang pernah sukses mengeksekusi penggarapan album milik Metallica, Aerosmith, Bon Jovi, Mötley Crüe, 311, Our Lady Peace, The Offspring dan Black Veil Brides.

Inovasi Toontrack sendiri mulai bergulir sejak 1999 silam, dan antara lain dikenal luas lewat produk drum sample bernama “Drumkit From Hell” yang disebut-sebut berhasil mengubah wajah industri musik saat itu. Produk lain Toontrack yang kini cukup digemari di pasaran antara lain EZdrummer 2, Superior Drummer 2, EZmix 2 dan EZkeys. Info lebih lengkap bisa mengaksesnya di Toontrack.com. (MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY