Setelah berkarir selama lebih dari tiga dekade, tiba saatnya bagi Green Day untuk merayakannya lewat sebuah rilisan album rekaman bertajuk “Greatest Hits: God’s Favorite Band”, yang telah diluncurkan oleh Reprise Records pada 17 November 2017 lalu. Memuat 20 lagu terbaik dari trio Billie Joe Armstrong (vokal/gitar), Mike Dirnt (bass) dan Tré Cool (dram) plus dua buah lagu baru berjudul “Back in the USA” serta versi baru dari “Ordinary World” menampilkan duet Green Day dengan penyanyi country Miranda Lambert. Sebelumnya, versi asli lagu tersebut termuat di album “Revolution Radio” yang dirilis pada Oktober 2016 lalu.

Sepuluh lagu di “Greatest Hits: God’s Favorite Band” sendiri sebelumnya sudah pernah termuat di album “International Superhits!” rilisan 2001 silam. Tapi secara keseluruhan, tak ada trek yang mewakili album “39/Smooth” (1990) atau dua album (dari trilogi) “¡Dos!” dan “¡Tré!” (2012).

Mengenai judulnya sendiri, konon idenya berawal dari gurauan pembawa acara talk show Stephen Colbert, saat menghadirkan Green Day di acara The Late Show pada 22 Maret 2017 lalu, dimana Stephen menyebut Green Day sebagai ‘God’s favorite band’ (band favorit Tuhan). Namun ucapan Stephen itu sendiri sebenarnya berasal dari Green Day sendiri, tepatnya seruan Tré Cool di rekaman DVD berjudul “Bullet in a Bible” (2005) yang menyebut ‘(karena) Tuhan ingin melihat band favoritnya lagi’, saat melihat awan mendung menjauh dari lokasi konser Green Day.

Green Day yang dibentuk pada 1986 silam di California telah merilis 12 album dan mencatat total angka penjualan album sebesar lebih dari 75 juta keping di seluruh dunia. Band ini juga telah mengantongi lima penghargaan Grammy, dari kategori “Best Alternative Album” (“Dookie”), “Best Rock Album” (“American Idiot”), “Record of the Year” (“Boulevard of Broken Dreams”), “Best Rock Album” (“21st Century Breakdown”) dan “Best Musical Show Album” (“American Idiot: The Original Broadway Cast Recording”).

Saat dirilis, album studio terakhirnya, “Revolution Radio” berhasil melesat ke posisi teratas Billboard 200, terjual sebanyak 95,000 di pekan pertama perilisannya. Merupakan album ketiga dari Green Day yang berhasil menerobos ke tangga puncak, setelah “American Idiot” (2004) dan “21st Century Breakdown” (2009). Di negara lain, “Revolution Radio” juga mendominasi tangga album terlaris di Inggris, Irelandia, Italia dan Selandia Baru.

Susunan lagu di “Greatest Hits: God’s Favorite Band”: 1) 2000 Light Years Away – 2) Longview – 3) Welcome To Paradise –  4) Basket Case – 5. When I Come Around – 6) She – 7) Brain Stew –  8) Hitchin’ a Ride – 9) Good Riddance (Time of Your Life) – 10) Minority – 11) Warning – 12) American Idiot – 13) Holiday – 14) Boulevard of Broken Dreams – 15) Wake Me Up When September Ends – 16) Know Your Enemy – 17) 21 Guns – 18) Oh Love – 19) Bang Bang – 20) Still Breathing – 21) Ordinary World (feat Miranda Lambert) – 22) Back In The USA

Kredit foto: Frank Maddocks

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY