Sepertinya, seisi jagat internasional sudah mengetahui bahwa Presiden RI, Joko Widodo adalah seorang pecinta musik, utamanya rock dan metal. Selain kerap terlihat hadir di pertunjukan musik keras di Tanah Air, Jokowi – panggilan akrab Joko Widodo –  juga tercatat pernah mendapatkan hadiah berupa sebuah instrumen bass dari bassis Metallica, Robert Trujillo pada Mei 2013 silam.

Kini, masih berhubungan dengan raksasa thrash metal dunia Metallica, Jokowi kembali mendapat kejutan. Perdana Menteri Denmark, Lars Lokke Rasmussen yang bertandang ke Indonesia pada Selasa (28/11) kemarin, menemui Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor dan memberikan cenderamata berupa boxset piringan hitam album Metallica, versi reissue terbaru “Master of Puppets” yang telah dibubuhi tandatangan Lars Ulrich, dramer Metallica, yang juga tercatat sebagai musisi kelahiran Denmark.

“PM Rasmussen tahu kesukaan saya, Metallica,” seru Jokowi di hadapan para wartawan yang mengabadikan momen tersebut. Lalu sebagai balasan, Jokowi juga menghadiahkan kepada Lars Lokke Rasmussen berupa sebilah rencong, senjata tradisional warga Aceh.

“Presiden Indonesia, @jokowi sepertinya sangat bersemangat untuk melihat hadiah diplomatiknya dari Denmark. Sebuah kotak (album) #MasterOfPuppets yang ditandatangani dramer #heavymetal terfavorit @larsulrich @metallica,” tulis Lars Lokke Rasmussen via akun resmi Twitter-nya.

Kembali ke 25 Agustus 2013 silam, saat Jokowi masih menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta, Jokowi hadir di antara sekitar 50 ribuan penonton yang menyaksikan konser Metallica di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

“Master of Puppets” sendiri dirilis pertama kali oleh Elektra Records pada 3 Maret 1986. Direkam formasi Lars Ulrich, James Hetfield (vokal/gitar), Kirk Hammett (gitar) dan Cliff Burton (bass) pada awal September hingga 27 Desember 1985 silam, di Sweet Silence Studios di Copenhagen, Denmark, bersama produser Flemming Rasmussen. Di peringkat album terlaris Billboard pada masa itu, peringkat penjualan “Master of Puppets” hanya menapaki urutan 29, namun angka penjualannya lumayan fantastis di Amerika, terjual lebih dari enam juta keping. Album yang antara lain memuat lagu “Battery”, “Welcome Home (Sanitarium)”, “Orion” (Instrumental) dan “Master Of Puppets” tersebut juga merupakan album terakhir yang melibatkan kontribusi Cliff Burton, yang meninggal secara tragis akibat kecelakaan bis pada September 1986 silam, saat melakukan perjalanan tur di Eropa.

Sampai saat ini, Metallica yang terbentuk di Los Angeles, AS pada 1981 telah melahirkan 10 album studio, empat album rekaman konser dan 37 single. Enam album di antaranya tercatat berhasil menempati peringkat terlaris di Amerika versi Billboard 200 saat pertama kali dirilis. Sementara penjualan keseluruhan album mencapai lebih dari 115 juta keping di seluruh dunia. Selain sukses secara komersil, beberapa album dan single juga berhasil mendatangkan delapan penghargaan Grammy buat Metallica. Sebelum diperkuat formasi Lars, James, Kirk dan bassis Rob Trujillo, Metallica pernah dihuni gitaris Dave Mustaine (1982–1983), bassis Ron McGovney (1982) dan tentu saja, Jason Newsted (1986–2001). (MK02)

Ket. foto: Metallica saat konser di Jakarta, 25 Agustus 2013

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY