Setelah sekian lama tertunda akibat terhadang kesibukannya rekaman dan tur bersama formasi band solo Slash serta Alter Bridge, akhirnya vokalis Myles Kennedy bisa merampungkan album debut solonya. Di bawah payung label rekaman asal Austria, Napalm Records, Myles bakal meluncurkan 12 karya lagu ciptaannya dalam sebuah album bertajuk “Year Of The Tiger” yang bakal dirilis 9 Maret 2018 mendatang.

Di sini, Myles berkolaborasi dengan Michael “Elvis” Baskette, produser yang selama ini bertanggung jawab untuk penggarapan album-album studio milik Alter Bridge. “Album ini adalah sesuatu yang sejak dulu saya inginkan, dan saya sangat bersyukur Napalm Records percaya kepada saya,” ujar Myles lewat siaran pers resminya.

Sebenarnya, proses penggarapan album solo Myles telah dimulai sejak 2009 silam. Namun kesibukannya bersama Alter Bridge perlahan mengubur album tersebut. Pasalnya, setelah meninjau ulang dan menimbang-nimbang, Myles merasa suguhan karya musiknya di situ tidak merepresentasikan dirinya saat ini. Sehingga terhitung sejak awal 2016 lalu, Myles kembali menulis materi-materi lagu baru dari nol yang akhirnya terkumpul di album “Year Of The Tiger”. Menurut Myles, sebelumnya, konsep album solonya cenderung berbasis akustik. Namun kini, terjadi pergeseran ke konsep yang lebih bluesy.

Dan untuk menghindari buaian teknologi rekaman yang hampir tak membatasi krearivitas musisi, Myles dan Michael “Elvis” Baskette pun sepakat membatasi diri dan memegang teguh prinsip ‘less is more’, atau yang bisa dimaknai dengan kekurangan justru bisa jadi kelebihan. “Jadi kami menggunakan pita untuk sebagian besar produksi rekaman. Benar-benar menerapkan ide ‘less is more’ dan mencoba melakukan pendekatan itu dalam membuat album ini.”

Disamping itu, untuk mencegah kemiripan dengan konsep musik di Alter Bridge, Myles mengaku berusaha untuk menjauh dari sound yang berkarakter high-gain. “Banyak penggunaan gitar resonator (di album ini), mandolin… bahkan ada banjo, dan banyak lap steel. Jadi benar-benar berbeda dibanding yang pernah saya lakukan.”

Myles Kennedy yang dilahirkan di Boston, Massachusetts, AS pada 27 November 1969 mengawali karir bandnya pada era ‘90an sebagai gitaris di sebuah band jazz instrumental bernama Cosmic Dust, dan sempat merilis satu album. Band berikutnya adalah Citizen Swing yang berhasil menghasilkan dua album sebelum bubar pada 1996. Saat membentuk band rock The Mayfield Four, Myles mulai berada di balik mikrofon sambil tetap mempertahankan posisi sebagai gitaris. Setelah dua album, The Mayfield Four bubar pada 2002. Sebelum resmi bergabung di Alter Bridge pada 2004, Myles sempat menolak tawaran mengikuti audisi untuk posisi vokal di Velvet Revolver, band bentukan beberapa personel Guns N’ Roses. Sejauh ini, bersama Alter Bridge, Myles telah menghasilkan lima album studio. Sementara bersama band solo Slash (gitaris Guns N’ Roses), Myles terlibat di dua album studio. (MK02)

Kredit foto: Tim Tronckoe Photography

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY