Tiga tahun sejak merilis album “Hate Me”, unit rock bernuansa metalcore/emo asal Las Vegas, AS, Escape the Fate akhirnya kembali menelurkan album rekaman terbaru. Via label Better Noise Records, album mereka yang bertajuk “I Am Human” akan diluncurkan ke publik rock di seluruh dunia mulai 16 Februari 2018 mendatang. Dua single pembuka, yakni “Empire” dan “Do You Love Me” kini sudah tersedia atau bisa didengarkan di berbagai gerai digital seperti Spotify dan Apple Music.

Bagi Robert Ortiz (dram), Craig Mabbitt (vokal), TJ Bell gitar/vokal) dan Kevin ‘Thrasher’ Gruft (gitar), “Empire” merupakan lagu ‘party anthem’ versi mereka, dengan pendekatan ramuan musik yang ‘gelap’. Dan dengan bantuan arahan dari produser pemegang nominasi Grammy Awards, Howard Benson (My Chemical Romance, In Flames, All That Remains), album ini menunjukkan evolusi konsep musik dimana Escape the Fate kembali ke akar musik dimana mereka berasal, yang lebih kasar dan nyata.

“Kami semakin dewasa, dan kami berubah… jadi musik kami pun berubah bersama kami,” urai Craig Mabbitt beralasan. Tapi pada saat bersamaan, lanjutnya lagi, ia dan rekannya di band merasa kembali menemukan musik awal yang telah membesarkan mereka menjadi seperti sekarang. “Saya merasa seperti berusia 17 tahun lagi. Saya belum pernah sesemangat ini merilis sesuatu sejak bergabung pertama kali di band ini dan merilis album ‘This War Is Ours’.”

Escape the Fate terbentuk pada 2005 silam dan telah menghasilkan tiga karya rekaman EP (album mini) serta empat album penuh. Saat merilis album debut, “Dying Is Your Latest Fashion” pada 3 Oktober 2006 via Epitaph Records, Escape the Fate masih diperkuat vokalis Ronnie Radke. Namun pada pertengahan 2008, Ronnie terpaksa dipecat dari formasi karena terlibat kasus kriminal dan harus mendekam di penjara selama dua tahun. Saat bebas pada Desember 2010, Ronnie bergabung di band Falling in Reverse.

Craig Mabbitt dari Blessthefall lantas direkrut mengisi kekosongan di vokal dan langsung dilibatkan di penggarapan album “This War Is Ours”, yang dirilis pada 21 Oktober 2008. Satu-satunya album yang dirilis via label DGC/Interscope, dan berhasil menempati peringkat 25 terlaris di Billboard 200. Album Escape the Fate selanjutnya adalah “Escape the Fate” (2010), “Ungrateful” (2013) dan “Hate Me” (2015). (MK02)

Kredit foto: Sean Edwards

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY