Kabar meninggalnya Warrel Dane pada 13 Desember 2017 lalu akibat serangan jantung benar-benar menyudahi karir Nevermore, unit progressive thrash metal asal Seattle, Amerika Serikat. Padahal, Warrel sempat menghembuskan keinginan untuk melakukan reuni Nevermore, setelah menjalani masa vakum sejak 2011 silam. Pihak label rekamannya, Century Media Records, lantas mengenang Warrel Dane lewat rilisan “Nevermore: The Complete Collection” yang bakal diedarkan mulai 9 Maret 2018 mendatang.

Rilisan tersebut dikemas dalam format boxset dalam jumlah terbatas yang memuat 12 keping cakram padat (CD) dari seluruh album rilisan Nevermore, termasuk beberapa trek bonus, album mini (EP), rekaman-rekaman konser, serta lagu-lagu demo dan hasil rekaman langka yang belum pernah dipublikasikan. Selain itu, juga diselipkan buku setebal 80 halaman berisi lirik, foto-foto dan catatan-catatan lepas. Tak lupa, ada pula sematan sebuah poster berukuran 95×65 cm.

Kelahiran Nevermore pada awal era ‘90an tak lepas dari perjalanan karir Sanctuary, unit thrash metal yang juga berasal dari Seattle. Imbas gempuran grunge pada masa itu membuat Sanctuary harus bubar karena menolak desakan pihak labelnya untuk mengubah konsep musik dari thrash metal menjadi grunge. Dua personelnya, vokalis Warrel Dane serta bassis Jim Sheppard tak setuju atas perubahan itu dan akhirnya memutuskan membentuk band baru bernama Nevermore. Lewat proyek barunya ini, Warrel dan Jim lantas melebur thrash metal tradisional Amerika dengan imbuhan elemen-elemen progresif

Pada 21 April 2011, dua personel Nevermore, gitaris Jeff Loomis serta dramer Van Williams memutuskan hengkang dari formasi dengan alasan adanya perbedaan visi dalam konsep musik. Jeff sendiri lantas bergabung dengan Arch Enemy pada November 2014 setelah melahirkan dua album solo, yakni “Zero Order Phase” (2008) dan “Plains of Oblivion” (2012).

Sepanjang karirnya, Nevermore telah merilis album “Nevermore” (1995), “The Politics of Ecstasy” (1996), “Dreaming Neon Black” (1999), “Dead Heart in a Dead World” (2000), “Enemies of Reality” (2003/2005), “This Godless Endeavor” (2005), “The Year of the Voyager” (2008) dan “The Obsidian Conspiracy” (2010).

Selain itu, Nevermore juga sempat merilis sebuah album mini (EP) berjudul “In Memory” (1996), lalu sebuah album konser bertajuk “The Year of the Voyager” (2008) dan album kompilasi lagu-lagu terbaik bertajuk “Manifesto of Nevermore” (2009). (MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY