Berita paling panas yang tengah terjadi di kancah industri musik dunia saat ini adalah perseteruan band rock asal Inggris, Radiohead dengan penyanyi pop cantik asal Amerika Serikat, Lana Del Rey. Gesekan ini dipicu oleh salah satu lagu Lana yang berjudul “Get Free” dari album terbarunya yang bertajuk “Lust for Life”. Lagu tersebut dipermasalahkan oleh kubu Radiohead lantaran dianggap meniru bagian verse dari hit klasik mereka yang bertajuk “Creep”.

Namun kini informasinya agak simpang siur. Lana berkicau lewat Twitter pada 8 Januari lalu bahwa lagu tersebut sama sekali tidak terinspirasi lagu “Creep”, namun pihak Radiohead telah mengajukan tuntutan hukum dengan kompensasi yang ‘tanpa ampun’. Menurut Lana, pihak Radiohead menuntut kompensasi dari perolehan royalti lagu tersebut sebesar 100%.

“Beberapa bulan lalu, saya menawarkan bagian sebesar 40% namun mereka hanya mau menerima 100%. Pengacara mereka benar-benar tanpa ampun, jadi kami akan melawannya di pengadilan,” tulis Lana.

Namun anehnya, pihak label Warner/Chappell sebagai publisher karya lagu “Creep” malah telah mengeluarkan pernyataan yang mengingkari adanya tuntutan tersebut. “Memang betul kami telah berdiskusi dengan perwakilan Lana pada Agustus tahun lalu. Dan sudah jelas bahwa bagian verse lagu ‘Get Free’ ditemukan elemen musikal dari lagu ‘Creep’ dan kami telah meminta pengakuan mewakili para penulis lagu ‘Creep’. Tapi tak ada tuntutan jalur hukum dan pihak Radiohead tidak pernah mengatakan ‘hanya akan menerima 100%’ dari royalti ‘Get Free’.”

Sampai hari ini, belum ada tindakan lanjutan mengenai perselisihan tersebut. Namun sebelumnya, lewat sebuah rekaman video di YouTube – yang belakangan kemudian dihapus – Lana bertekad akan memperjuangkan haknya terhadap lagu “Get Free”, walau pun lagu tersebut nantinya kemungkinan akan dihilangkan dari rilisan fisik album “Lust for Life”.

“Lust for Life” adalah album studio kelima Lana Del Rey yang dirilis pada 21 Juli 2017 via label Polydor dan Interscope Records. Album ini telah masuk jajaran nominasi Grammy Awards 2018 untuk kategori “Best Pop Vocal Album”. “Creep” sendiri merupakan single rilisan September 1992, yang kemudian termuat di album “Pablo Honey” yang dirilis via Parlophone/Capitol Records pada Februari 1993. Single tersebut berhasil melejitkan nama Radiohead ke seantero dunia, dan menjadi salah satu single alternative rock favorit dari era ‘90an.

Tapi lucunya, lagu “Creep” sendiri sebenarnya juga pernah mendapat tuntutan dari band rock era ‘70an, The Hollies yang menuduh lagu tersebut jiplakan lagu  “The Air That I Breathe” milik band tersebut, yang dirilis pada 1974 silam. Kasus tersebut diselesaikan di pengadilan, dimana hasilnya mengharuskan Radiohead membayar royalti kepada penulis lagu tersebut, yakni Albert Hammond dan Mike Hazlewood. Nah loh… ada-ada saja ya…! (MK02)

Kredit foto: Alex Lake

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY