Nama Queen akhirnya bakal kembali terpatri di dinding kehormatan Grammy Awards. Rencananya, pada penyelenggaraan Grammy Awards ke-60 yang bakal dilangsungkan di Madison Square Garden, New York AS pada 28 Januari 2018 mendatang, band rock legendaris asal Inggris tersebut akan dianugerahi “Lifetime Achievement Award” atas kontribusi karya musikalnya yang bertahan sepanjang masa di industri musik dunia.

Menurut petinggi The Recording Academy (organisasi penyelenggara Grammy yang menaungi para musisi dan pelaku industri musik di Amerika Serikat), Neil Portnow, penerima “The Lifetime Achievement Award” ini merupakan sebuah grup yang prestisius dan kreator musik yang berpengaruh, yang telah berkontribusi menciptakan karya-karya rekaman istimewa dalam sejarah perjalanan musik.

“Mereka adalah figur-figur inspiratif yang dihargai sebagai penampil legendaris, arsitek kreatif serta pengembang visi dari segi teknikal. Pencapaian mereka sangat menonjol dan gairah mereka terhadap karyanya telah melahirkan warisan yang tak lekang oleh waktu.”

Selain Queen, insan musik yang juga bakal menerima “Lifetime Achievement Award” di antaranya adalah penyanyi Tina Turner, Neil Diamond dan Emmylou Harris. Ironisnya, Queen sendiri tak pernah memenangkan penghargaan Grammy sekali pun sepanjang karirnya. Tercatat, pihak Grammy hanya pernah mengabadikan dua lagu Queen, yaitu “Bohemian Rhapsody” dan We Will Rock You” di Hall of Fame pada 2004 dan 2009 silam.

Queen dengan formasi yang paling dikenal di dunia, yakni Freddie Mercury (vokal/piano), Brian May (gitar/vokal), Roger Taylor (dram/vokal) dan John Deacon (bass) terbentuk di London pada 1970. Salah satu albumnya yang tersukses, “A Night at the Opera” (1975) berhasil menelurkan “Bohemian Rhapsody”, salah satu lagu rock epik terpopuler sepanjang masa. Pada 24 November 1991, Freddie Mercury meninggal dunia akibat terjangkit virus HIV/AIDS. Lalu, John Deacon menyatakan mundur dari panggung musik pada 1997. Saat ini, roda karir Queen tetap bergulir, dengan formasi Brian May, Roger Taylor serta vokalis jebolan American Idol, Adam Lambert. Hingga hari ini, estimasi angka penjualan seluruh karya rekaman Queen di seluruh dunia hampir mencapai angka 300 juta keping. (MK02)

Kredit foto: Johnny Dewe Mathews

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY