Taring kembali terhunus. Trio hardcore berbahaya asal Bandung tersebut belum lama ini telah meluncurkan sebuah single panas bertajuk “Slaptika”. Lagu ini – bersama satu single lainnya yang berjudul “Kekal Menjalang” – merupakan karya lepas Taring yang diedarkan dalam format kaset via kerja sama Grimloc Records dan Maternal Disaster.

“Slaptika”, menurut info pihak band, kembali menyoroti carut marut kondisi politik negeri ini. Hardy (vokal), Gebeg (dram) dan Angga (gitar) menganggap buncahan protes mereka lewat “Slaptika” adalah bentuk kepedulian Taring sebagai penggiat seni. 

“Tensi politik di negeri ini menjadi satu ramuan yang pas untuk kami tuangkan ke dalam lirik,” cetus pihak band kepada MUSIKERAS. “Saat normalitas dibangun di atas kuburan masal dan diamankan melalui teror dan kebohongan yang diperankan oleh perilaku dan pemikiran dangkal yang menjadikan lelucon kurang lucu yang dilakukan oleh para petinggi atau tokoh politisi di negeri ini, apakah kita mesti diam? Tidak!”

Di lagu yang juga melibatkan kontribusi vokal Dodi Hamson dari band hard rock Komunal, Taring kembali bereksplorasi dengan pengaruh-pengaruh utama mereka yang diimplementasikan lewat riff-riff yang lebih groovy, hasil serapan dari band-band dunia macam Soundgarden, Mastodon, hingga Tool dan Corrosion of Conformity.

“Slaptika” sendiri direkam Taring di Masterplan, Bandung, yang juga melibatkan Ebenz (Burgerkill) serta Zoteng (Forgotten) untuk ‘mematangkan struktur dan sound mereka’. Format kaset lantas menjadi pilihan perilisan karena dianggap kembali digemari. “Single ini tidak hadir dalam sebuah rilisan fisik (CD), alias diunduh secara gratis. Melihat pasar yang cukup antusias terhadap rilisan kaset serta banyaknya kolektor dan permintaan para penikmat musik menstimulan kami untuk segera merilisnya dalam bentuk kaset,” urai pihak band lagi.

Sepak terjang Taring mulai menggeliat di Bandung pada 2013 dan telah menghasilkan karya rekaman berupa album “Nazar Palagan” (dirilis Oktober 2014) dan “Orkestrasi Kontra Senyap” (21 Oktober 2016). Di luar itu, juga pernah merilis single lepas bertajuk “Kekal Menjalang” (2015) serta single yang dirilis sebagai bagian dari kampanye Hari Anti Korupsi Internasional bertajuk “Konfrontasi Tanpa Solusi” (2015). Saat ini, Taring sedang menyempurnakan amunisi untuk membuat album mini (EP) atau pun album, yang mereka harap bisa terealisasikan perilisannya tahun ini. (Mudya)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY