Tak ingin terseret pada ‘tren’ death metal, death core hingga pop punk yang mendominasi skena musik ‘bawah tanah’ saat ini membuat Jalan Berbatu, sebuah unit musik keras asal Cimahi memilih heavy metal sebagai ‘agama’ utamanya. Bermodalkan pengaruh musikal yang terserap dari band-band dunia seperti Metallica, Avenged Sevenfold hingga Trivium, Jalan Berbatu pun menancapkan eksistensinya lewat dua single digital yang telah dirilis resmi, yakni “Ilusi” dan “D.I.R.I.”.

Kebetulan, heavy metal memang sudah mendarah daging di diri para personelnya, yakni Mr.Gie (vokal), Jerry (gitar), Angga (gitar), Anto (bass) dan Fey (dram).

“Karena pendiri Jalan Berbatu, yakni gitaris dan dramer kami sudah terbiasa dengan genre heavy metal sejak kecil. Bahkan konsep album sekarang (yang sedang digarap) lebih berkiblat ke Trivium. Menurut kami, heavy metal jarang di kancah indie Indonesia saat ini. Di sisi lain, yang menarik dari heavy metal adalah banyaknya melodi dan harmoni yang bisa memperindah lagu, bahkan menjadikan sebuah lagu itu mewah dan berkualitas. Dan kami tidak ingin mengikuti genre yang sedang musiman, karena kami ingin berbeda dibanding yang lain,” urai pihak band kepada MUSIKERAS.

Album “D.I.R.I” sendiri memuat semburan lirik yang sarat kritikan terhadap kinerja pemerintahan. Sebuah perlawanan terhadap konspirasi dunia yang mengecam kebobrokan sisi kemanusiaan. Proses produksi rekamannya kini tengah berjalan, dan rencananya bakal memuat 10 lagu. “Ilusi” dan “D.I.R.I.” merupakan dua lagu yang sudah terekam lebih dahulu, yang direkam di studio yang berbeda, tepatnya di Yans Studio dan Red Studio, dalam waktu sekitar setahun.

“Karena waktu perekaman lagu ‘Ilusi’ pada 2016, belum terkonsep sebuah album,” papar pihak band lagi. “Namun ketika perekaman lagu ‘D.I.R.I.’ selesai awal 2017, barulah terkonsep dan ada rencana untuk menjadi sebuah album dan sampai saat ini proses masih berjalan dikarenakan ada kendala yang mengharuskan kami menunda perekaman. Vokalis kami Mr Gie sakit dan kemarin, Desember 2017 lalu memutuskan dengan berat untuk berhenti di jalan berbatu. Namun saat ini kami sedang merencanakan dan mengonsep ulang album ‘D.I.R.I.’ tanpa kehadiran si vokalis.”

Karir Jalan Berbatu mulai dihidupkan pada 3 September 2015. Bermula dari ajakan Fey pada Jerry yang sebelumnya sudah saling mengenal satu sama lain. Keduanya pernah tergabung dalam band Minutes To Midnight. Awalnya, Fey mengemban tugas di posisi gitar dan vokal – sebelum memutuskan beraksi di balik dram – ditemani Jerry (gitar), Andi (bass) dan Ekoy (dram). Saat Jalan Berbatu mulai berjalan, tak lama setelahnya Andi mengundurkan diri karena alasan pekerjaan, dan membuat Jalan Berbatu vakum. Pada 2016, Jalan Berbatu kembali bangkit dengan membawa vokalis baru, Mr. Gie, lalu bergabung pula Aji untuk mengisi posisi bass. Saat pertama kali meluncurkan single berjudul “Ilusi”, Jalan Berbatu dihadapkan pada beberapa konflik internal, hingga melahirkan keputusan untuk mengganti posisi bassis dengan personiel baru, Anto yang lantas diikuti bergabungnya Angga untuk melengkapi formasi Jalan Berbatu saat ini. (Mdy/MK02)

.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY