Tiga tahun lebih sejak merilis album “At War with Reality”, akhirnya At the Gates kembali bersiap melepas karya rekaman baru. Rencananya, pada 18 Mei 2018 mendatang, pionir melodic death metal asal Swedia tersebut bakal melepas album “To Drink From The Night Itself” via label Century Media Records.

Tomas Lindberg (vokal), Adrian Erlandsson (dram), Jonas Björler (bass) dan Martin Larsson (gitar) menggarap album tersebut di Parlour Studios, Inggris bersama Russ Russell, produser yang sebelumnya tercatat pernah mengeksekusi produksi album milik Napalm Death, The Haunted dan Dimmu Borgir. “To Drink From The Night Itself” juga menandai keterlibatan Jonas Stålhammar, gitaris yang baru bergabung pada September 2017 lalu, menggantikan Anders Björler yang mengundurkan diri enam bulan sebelumnya.

Namun menurut Tomas Lindberg, Jonas bergabung setelah hampir keseluruhan materi album rampung. “Jadi kontribusinya tidak terlalu banyak, tapi tentunya kami berharap ia lebih terlibat di album berikutnya.”

Tentang rekamannya sendiri, lanjut Tomas lewat siaran pers resminya, prosesnya sangat lancar dan sarat kreativitas. Semua pihak yang bekerja sama dengan At the Gates telah mewujudkan visi mereka dengan hasil akhir yang memuaskan. Khusus tentang Russ Russell, Tomas menyebutnya sebagai sosok produser yang paling bisa menggiring intensitas mereka dalam berkarya secara maksimal. Lalu tentang tema albumnya, Tomas dan personel lainnya kembali menerapkan sebuah album berkonsep. “Sangat terkait dengan akar musik kami, dan temanya sangat berhubungan dengan album (debut) ’The Red In The Sky Is Ours’.”

Sepak terjang At the Gates dimulai di Gothenburg, pada 1990, yang dibentuk oleh sebagian personel unit death/black metal Grotesque. Setahun kemudian merilis album mini (EP) “Gardens of Grief” via label Dolores Recordings. Berkat karya debut tersebut, At the gates langsung dikontrak Peaceville Records untuk merekam album penuh pertamanya, “The Red in the Sky Is Ours” (1992).

Namun pada 1996 – setelah merilis tiga album penuh yaitu “With Fear I Kiss the Burning Darkness” (1993), “Terminal Spirit Disease” (1994) dan “Slaughter of the Soul” (1995) – At the Gates vakum. Tiga personelnya saat itu, dramer Adrian Erlandsson, bassis Jonas Björler dan gitaris Anders Björler lantas membentuk band The Haunted. Pada 2007, At the Gates kembali dibangkitkan dan melakukan tur, namun hanya bertahan setahun. Sekitar tiga tahun kemudian, At the Gates diaktifkan lagi dan kali ini berhasil menelurkan “At War with Reality”, album pertama yang mereka hasilkan setelah 19 tahun tidak menelurkan karya rekaman. (MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY