Membentuk band yang solid memang tidak gampang. Tapi tentunya itu bukan alasan untuk menyerah. Seperti yang dilakukan This Week Friday, unit modern rock/melodic asal Bandung Barat ini. Setelah melewati proses gonta-ganti formasi sebanyak tiga kali dan bahkan sempat terhenti selama setahun, band yang sebenarnya baru terbentuk pada 2016 lalu tersebut akhirnya bisa merampungkan proses rekaman sebuah album mini (EP) dan meluncurkan video klip untuk salah satu singlenya yang bertajuk “Realita Dibalik Persepsi”.

Di lagu tersebut, This Week Friday yang kini dihuni formasi Yogi Aldiyansyah (gitar), Ismail (vokal), Muhsin (bass), Rivi (gitar) dan Ilham (dram) menceritakan tentang kenihilan terhadap anak jaman remaja masa kini yang persepsinya berubah-ubah. “(Mereka) menggantungkan kebahagiannya hanya pada hubungan berpacaran dan melupakan teman yang selalu ada dan sahabat karib lainnya,” ungkap pihak band kepada MUSIKERAS.

Untuk merekam “Realita Dibalik Persepsi”, proses yang dilalui This Week Friday lumayan menguras waktu. Karena lagu yang sebenarnya sudah siap direkam harus mengalami penyesuaian aransemen karena adanya pergantian vokalis yang tadinya perempuan. 

“Kami diharuskan mengaransemen ulang tempo yang semula untuk vokalis kami yang female ke yang baru. Karena kala itu sempat terjadi pergantian personel di bagian vokal karena adanya masalah. Kurang lebih kami menghabiskan waktu selama 13 jam untuk sesi rekaman. Belum lagi ditambah (proses) mixing-mastering. Bahkan sampai operator rekaman kami kecapean dan jatuh sakit sehabis rekaman.”

Yogi Aldiyansyah mengawali cikal bakal lahirnya This Week Friday saat ia dan rekannya di band hardcore bernama Sekutu Bangsa ingin membentuk proyek musik yang menggabungkan antara musik indie dengan hardcore/rock. Namun saat itu, menurut tuturan Yogi, belum ada niatan untuk memberi nama band. Lalu tak lama bergabunglah beberapa personel, termasuk vokalis Riska Abdilah, melengkapi formasi. Sayangnya, Riska tak bertahan lama, yang lantas digantikan oleh Bebey. Namun setelah sempat terlibat tiga kali manggung, mereka harus melepas Bebey karena adanya permasalahan internal.

“Akhirnya kami memutuskan untuk tidak lagi memakai vokal ber-gender female. Dan hampir satu bulan akhirnya datanglah Ismail dan menjadi vokalis kami sampai saat ini. Jadi intinya, walaupun masih seumuran jagung, tapi band ini telah mengalami beberapa fase. Mudah-mudahan ini awal dari kesuksesan kami untuk ke depannya,” ujar Yogi berharap.

Rencananya, pada Februari 2018 ini, This Week Friday akan merilis EP berisi lima lagu yang juga bertajuk “Realita Dibalik Persepsi”. Selain itu, mereka juga akan merilis ulang video dari salah satu trek di album yang konsep musiknya banyak terpengaruh band-band dunia seperti Saosin hingga Chunk! No, Captain Chunk. (Mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY