Walau awalnya dikenal sebagai salah satu band yang membawa wabah modern metal di seputaran Eropa, Caliban rupanya tak ingin terjebak di skena itu. Di album terbarunya, “Elements” yang bakal dirilis via label Century Media pada 6 April 2018 mendatang, unit cadas asal Jerman ini membuktikan bahwa musik mereka bisa menyebrang ke berbagai wilayah dengan keragaman inspirasinya.

“‘Elements’ adalah progresi paling logis dari (album sebelumnya) ‘Gravity’,” cetus Marc Görtz, gitaris Caliban via siaran pers resminya. “Kami benar-benar melebarkan jangkauan musik kami di ‘Elements’. Benar-benar ke arah yang ekstrim dan berbeda, lebih cadas, tapi juga melodik.”

Kejutan lainnya, ada beberapa bintang tamu yang dilibatkan Marc Görtz, Andreas Dörner (vokal), Denis Schmidt (gitar), Marco Schaller (bass) dan Patrick Grün (dram) di album ini. Yang paling menyolok adalah kehadiran Brian “Head” Welch (Korn) yang menyumbangkan vokal uniknya di komposisi epik bertajuk “Masquerade”.

“Kami selalu menikmati melibatkan orang lain di album kami karena benar-benar bisa menciptakan getaran berbeda. Mereka menambahkan sesuatu yang istimewa dalam musik kami. (Kerja sama) dengan Brian agak berbeda. Kami semua tumbuh dengan mendengarkan musik yang ia mainkan. Dia sangat penting buat saya sebagai pemain gitar. Saya mulai bermain gitar karena Brian. Sungguh sebuah mimpi masa kecil yang menjadi kenyataan bekerja sama dengannya. Mendapatkan Brian di ‘Elements’ sungguh luar biasa,” papar Marc panjang lebar.

Dalam penggarapan “Elements” yang bisa dibilang mulai dikumpulkan ide-idenya pada musim semi 2017 lalu, Marc kembali melibatkan produser Benny Richter untuk berkolaborasi, dan mengeksekusi proses rekamannya di Nemesis Studios, milik Marc. Sementara untuk proses penataan suara (mixing) dilakukan sendiri oleh Marc, lalu dilanjutkan oleh Olman Viper untuk pelarasan (mastering). Olman sebelumnya juga melakukan tugas yang sama di album Caliban sebelumnya, “I Am Nemesis”, “Ghost Empire” dan “Gravity”.

Sejak terbentuk pada 1997 silam, Caliban telah menelurkan 11 album studio, yaitu “A Small Boy and a Grey Heaven” (1999), “Vent” (2001), “Shadow Hearts” (2003), “The Opposite from Within” (2004), “The Undying Darkness” (2006), “The Awakening” (2007), “Say Hello to Tragedy” (2009), “I Am Nemesis” (2012), “Ghost Empire” (2014), “Gravity” (2016) dan “Elements”.

Sebagai pemanasan ke album “Elements”, simak video musik Caliban untuk single terbaru, “Intoxicated” di bawah ini. (MK03)

Kredit foto: Christian Ripkens

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY