Dalam waktu dekat, bersiap menghadapi kebrutalan komplotan melodic death metal berbahaya kebanggaan metalhead Kanada, Kataklysm. Sebab belum lama ini, band yang telah meluluhlantakkan berbagai pentas cadas di seluruh dunia sejak awal era ‘90an tersebut sudah merampungkan materi rekaman album terbarunya. Bakal diberi judul “Meditations” dan akan diedarkan via label Nuclear Blast.

Maurizio Iacono (vokal), Jean-François Dagenais (gitar), Stephane Barbe (bass) dan Oli Beaudoin (dram) menggarap 10 lagu cadas terbarunya di album tersebut bersama Jay Ruston (Anthrax, Stone Sour) dan Paul Logus (Pantera) untuk eksekusi mixing dan mastering. Sementara untuk produksi rekaman diolah sendiri oleh pihak band, khususnya Jean-François Dagenais dan Oli Beaudoin.

Menurut Maurizio Iacono, “Meditations” merupakan album yang sangat personal. Saat penggarapannya, ia dan personel lainnya mengurung diri dalam satu ruangan untuk menggodok penulisan lagunya. “Sama seperti yang dulu kami lakukan di era-era awal (karir), dimana tak ada keraguan untuk bersenang-senang, mencoba apa adanya dan melahirkan album yang sangat serius, yang mewakili kami saat ini sambil tetap menghargai masa lalu kami.”

Dari segi teknis penggarapan rekaman, imbuh Jean-François Dagenais, “Meditations” menawarkan begitu banyak hal sehingga membutuhkan kehadiran pihak luar yang bisa lebih netral melihat kebutuhan album ini. Itulah asalan untuk melibatkan Jay Ruston untuk berkolaborasi dalam penataan suara. 

“(Kami butuh) seseorang yang datang dengan pengamatan yang fresh dan belum pernah bekerja sama dengan band extreme/death metal. Kami membutuhkan rasa yang lebih organik namun dalam waktu yang sama tetap memberikan kekuatan dan defenisi yang dibutuhkan. Saat Jay setuju bekerja sama dengan kami, kami sadar dia bisa memberikan apa yang kami inginkan.”

Di awal karirnya, Kataklysm dikenal sebagai unit cadas yang tercepat, terliar dan terbrutal di Kanada. Mereka menyebut gaya bermusiknya dengan istilah ‘northern hyperblast’ yang antara lain memperlihatkan penerapan teknik blast beat yang sangat cepat dari Max Duhamel, dramer Kataklysm, di album debut “Sorcery” (1995). Sejauh ini Kataklysm telah merilis 12 album studio. (MK03)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY