April mendatang, hajatan tahunan “Record Store Day” kembali digelar oleh insan musik di seluruh dunia. Dan salah satu band besar yang telah mengumumkan ingin merayakannya adalah unit rock bervoltase tinggi legendaris, AC/DC. 

Tepat 21 April 2018, AC/DC bakal merilis ulang salah satu album tersuksesnya sepanjang masa, “Back In Black” dalam format kaset via RCA Records. Rencananya, jumlah yang bakal diedarkan sangat terbatas, yakni 2500 keping.

“Back In Black” yang pertama kali dirilis pada 25 Juli 1980 silam tersebut merupakan album pertama AC/DC yang melibatkan vokalis barunya (saat itu), Brian Johnson, menggantikan Bon Scott yang meninggal dunia beberapa bulan sebelumnya. Brian, Angus Young (gitar), Malcolm Young (gitar), Cliff Williams (bass) dan Phil Rudd (dram) mengeksekusi rekaman “Back In Black” di Compass Point Studios, Bahamas pada periode April hingga Mei 1980, di bawah arahan produser legendaris, Robert John “Mutt” Lange (Def Leppard, Foreigner), yang sebelumnya telah sukses menggarap album “Highway to Hell” (1978).

Kini, catatan penjualan “Back in Black” – album yang antara lain memuat lagu-lagu terbaik AC/DC seperti “Hells Bells”, “Shoot to Thrill”, “Back in Black”, “You Shook Me All Night Long” dan “Rock and Roll Ain’t Noise Pollution” – sudah menyentuh angka lebih dari 50 juta keping di seluruh dunia. Sehingga menjadikannya sebagai salah satu dari 10 album rock terlaris di dunia sepanjang masa. Pada 2012 lalu, “Back In Black” telah diabadikan sebagai salah satu koleksi Grammy Hall Of Fame.

AC/DC yang terbentuk di Sydney, Australia pada 1973 silam oleh dua bersaudara, Malcolm dan Angus Young kini diperkuat oleh vokalis baru, Axl Rose, yang juga dikenal sebagai motor penggerak utama salah satu unit rock tersukses di dunia, Guns N’ Roses. Axl menggantikan Brian Johnson yang didera gangguan pendengaran (sumber lain mengatakan Brian dipecat dari AC/DC) pada April 2016 lalu. Pada 18 November 2017, Malcolm Young meninggal dunia karena sakit. Kini, band yang telah melahirkan 17 album studio (dua di antaranya hanya dirilis di Australia) tersebut diperkuat formasi Angus Young, Axl Rose, Chris Slade (dram) dan Stevie Young (gitar). (MK03)

Kredit foto: James Minchin

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY