Perubahan pola konsumsi masyarakat dunia terhadap produk musik belakangan ini benar-benar semakin dinamis. Seperti yang terjadi di Amerika, negara yang selama ini menjadi titik pusaran industri musik dunia. Dari laporan tahunan yang dirilis oleh Asoasiasi Industri Rekaman Amerika (RIAA), tahun 2017 lalu telah menjadi era kelam bagi bisnis pengunduhan musik (download). Kini, pasar digital telah didominasi oleh music streaming, dimana pengguna bisa langsung mendengarkan suguhan musik saat itu juga tanpa harus mengunduhnya, seperti yang kini diterapkan oleh Spotify dan Apple Music.

Menurut data RIAA, pendapatan dari streaming tahun lalu mencapai 65%, atau naik sebanyak 43% dengan nilai finansial sebesar USD 5.7 milyar. Sedangkan pendapatan keseluruhan dalam distribusi musik digital adalah sebesar USD 7 milyar, naik sekitar 22% dibanding tahun sebelumnya. Hasil itu didapat dari raupan berbagai platform, termasuk dari YouTube dan radio berbasis internet.

Sementara dari pasar download hanya terserap sebesar 15% dari keseluruhan pendapatan industri rekaman, atau mengalami penurunan sebanyak 25%. Dan yang lebih mengejutkan lagi, untuk pertama kalinya sejak musik digital mulai berjaya pada 2011 silam (saat iPod pertama kali diperkenalkan), pendapatan dari sektor produk fisik – yakni piringan hitam (vinyl), cakram padat (CD) dan kaset – berhasil melampaui 2% dari perolehan keseluruhan lini music download. Pendapatan totalnya mencapai angka USD 395 milyar, atau naik 10% dibanding tahun sebelumnya.

Tahun ini, perkembangan tren di atas bisa jadi tidak jauh berbeda. Dan kemungkinan juga terjadi di Inggris, negara-negara di Eropa dan Jepang. Konsumsi streaming dan minat konsumen untuk kembali mengoleksi album-album rilisan fisik rupanya masih menjadi salah satu pilihan menarik. Dan bahkan tidak menutup kemungkinan pendapatan dari sektor pasar rilisan fisik akan bertambah, mengingat hampir setiap produksi rekaman saat ini tetap diproduksi dalam format vinyl maupun CD dan kaset. Sebuah fenomena menarik…! (Mudya Mustamin)

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY