Sebuah kejadian mengejutkan dialami unit metal ekstrim asal California AS, The Faceless. Di hari yang sama, tepatnya pada 19 Maret 2018 lalu, hampir seluruh personelnya hengkang, dan kini hanya menyisakan gitaris Michael “Machine” Keene. Didahului oleh vokalis Ken “Sorceron” Bergeron, lalu disusul gitaris Justin McKinney serta dramer Bryce Butler.

Michael Keene sendiri langsung gerak cepat untuk mengantisipasi kepergian Ken, Justin dan Bryce. Keesokan harinya, lewat laman Facebook resmi The Faceless, Michael langsung mengumumkan status The Faceless saat ini.

“Saya dan manajer saya sudah berbicara dengan anggota band yang baru untuk semua posisi yang telah ditinggalkan. Saat ini kami sedang memastikan formasi terbaru dengan beberapa musisi terbaik, yang lebih kreatif dan punya kemampuan teknikal mumpuni di dunia metal ekstrim. Kami tidak akan membatalkan seluruh jadwal konser.”

Kecuali dramer Bryce, formasi Michael Keene, Ken dan Justin sempat melahirkan sebuah album bertajuk “In Becoming a Ghost” yang diedarkan via label Sumerian Records pada awal Desember 2017 lalu. Posisi dram saat itu ditempati oleh Chason Westmoreland yang bergabung di The Faceless pada 2015. Lalu di beberapa lagu porsi vokal juga dieksekusi oleh Derek “Demon Carcass” Rydquist.

Seperti sudah menjadi rahasia umum, Michael Keene yang kini tengah menjalani proses penyembuhan dari ketergantungan narkoba, adalah titik sentral masalah yang membuat Ken, Justin dan Bryce terpaksa mengambil keputusan berat meninggalkan The Faceless.  Seperti yang diungkapkan oleh Justin McKinney.

“Setelah terlibat di The Faceless selama kurang lebih empat tahun, saya harus memutuskan menarik diri dari band tersebut. Tidak gampang untuk melakukannya, tapi saya sudah tidak bisa lagi menerima perlakuan yang kami alami selama bertahun-tahun. Saya tidak akan mengungkapkannya secara detail, tapi jika kalian mengikuti berita-berita di internet, kalian pasti tahu penyebabnya. Sangat menyenangkan bisa melakukan tur bersama Ken Sorceron, Bryce Butler dan Chason West. Saya mencintai mereka semua dan mendoakan yang terbaik untuk semuanya.”

The Faceless yang dibentuk oleh Michael Keene dan bassis Brandon Giffin pada 2004 silam, sejauh ini sudah merilis empat album studio, yakni “Akeldama” (2006), “Planetary Duality” (2008), “Autotheism” (2012) dan “In Becoming a Ghost”. Semuanya diedarkan via Sumerian Records. (MK03)

Ket. foto: The Faceless formasi 2015 – Michael Keene kedua dari kanan

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY