Album debut yang pertama kali menggaungkan nama Megadeth hingga menarik perhatian label rekaman besar, “Killing Is My Business… And Business Is Good!” kembali dirilis ulang. Namun kali ini, karya rekaman rilisan 12 Juni 1985 silam tersebut diberi sentuhan teknologi pelarasan suara (remastered) yang lebih mumpuni sehingga berhasil menghadirkan kembali beberapa bagian musik yang sebelumnya tidak atau kurang terdengar di album rekaman aslinya.

Adalah kerja sama label Century Media dan Legacy Recordings yang memprakarsai perilisan ulang album tersebut, kini dengan judul “Killing Is My Business… And Business Is Good – The Final Kill”, dan akan beredar di seluruh dunia pada 8 Juni 2018 mendatang, dalam kemasan deluxe edition. Sebelumnya, tepatnya pada 2002 dan 2009 silam, “Killing Is My Business… And Business Is Good!” yang digarap formasi Dave Mustaine (vokal/gitar), Chris Poland (gitar), David Ellefson (bass) dan Gar Samuelson (dram) tersebut pernah pula dirilis ulang oleh dua label rekaman berbeda dalam jumlah terbatas.

Menurut siaran pers resmi rilisan ini, proses pengolahan ulang kualitas suara rekamannya benar-benar mengacu pada visi Dave Mustaine, sang motor penggerak utama Megadeth. Secara keseluruhan melewati tahapan mixing dan mastering secara maksimal yang masing-masing dieksekusi dua engineer terbaik di skena metal, yakni Mark Lewis dan Ted Jensen.

Selain lagu-lagu yang sudah termuat di versi rilisan awal – termasuk lagu “Mechanix” yang tadinya ditulis Dave Mustaine untuk Metallica – “The Final Kill” juga diperkaya beberapa trek tambahan. Misalnya, ada tujuh rekaman audio live yang ditransfer langsung dari pita VHS koleksi Dave Mustaine, ada demo tiga track yang direkam pada 1984 silam serta sebuah lagu daur ulang milik Lee Hazlewood berjudul “These Boots Are Made for Walkin” yang sebelumnya sempat dihilangkan dari rilisan-rilisan ulang album “Killing Is My Business… and Business Is Good!”.

Perubahan cukup menarik diterapkan di sampul depan album ini, dimana pihak label akhirnya menggunakan desain awal yang sempat dihilangkan oleh pihak Combat Records, label independen yang pertama kali merilis “Killing Is My Business… and Business Is Good!”.

Megadeth dibentuk di Los Angeles, AS pada 1983 silam, tak lama setelah Dave Mustaine dipecat dari formasi awal Metallica. Band ini merupakan salah satu pionir thrash metal dan masuk sebagai salah satu dari empat raksasa thrash metal, bersama Anthrax, Metallica dan Slayer. Sepanjang perjalanan karirnya, sejumlah musisi pernah mampir di band ini, di antaranya Marty Friedman, Gar Samuelson, Chris Poland, Jeff Young, Nick Menza, Jimmy DeGrasso, Al Pitrelli, Shawn Drover, Glen Drover, James LoMenzo, Chris Broderick dan Chris Adler. Sejauh ini Megadeth sudah merilis 15 album studio dengan total perolehan angka penjualan mencapai lebih dari 50 juta keping di seluruh dunia. Album-album tersebut, di antaranya sudah menghasilkan 11 nominasi Grammy Awards, termasuk “Dystopia” yang berhasil memenangkan penghargaan Grammy pada 12 Februari 2017.

Megadeth tercatat pernah tiga kali menggelar konser di Indonesia dengan formasi yang berbeda-beda. Pertama kali di Stadion Teladan, Medan, pada 31 Juli 2001 silam, lalu di Tennis Outdoor Senayan, Jakarta pada 25 Oktober 2007. dan terakhir di panggung Hammersonic Festival 2017 yang berlangsung di Ecopark Ancol, Jakarta, 7 Mei 2017 lalu. Kini, formasi Megadeth diperkuat oleh Dave Mustaine, David Ellefson, Kiko Loureiro (gitar) dan Dirk Verbeuren (dram). (MK03)

Susunan lagu “Killing Is My Business… And Business Is Good – The Final Kill”:

01. Last Rites / Loved To Deth (Remastered)

02. Killing Is My Business… And Business Is Good! (Remastered)

03. The Skull Beneath The Skin (Remastered)

04. Rattlehead (Remastered)

05. Chosen Ones (Remastered)

06. Looking Down The Cross (Remastered)

07. Mechanix (Remastered)

08. These Boots (Remastered)

09. Last Rites / Loved To Deth (live) (1987 London, UK)

10. Killing Is My Business… And Business Is Good! (live) (1986 Denver, CO)

11. The Skull Beneath The Skin (live) (1990 London, UK)

12. Rattlehead (live) (1987 Bochum, Germany)

13. Chosen Ones (live) (1986 Denver, CO)

14. Looking Down The Cross (live) (1986 Denver, CO)

15. Mechanix (live) (1986 Denver, CO)

16. Last Rites / Loved To Deth (demo) (Remastered)

17. The Skull Beneath The Skin (demo) (Remastered)

18. Mechanix (demo) (Remastered)

Kredit foto: Stephanie Cabral

.