Band rock asal Bandung ini sebelumnya telah menorehkan prestasi global, dimana lagu-lagu karya mereka sudah tayang di berbagai negara seperti Amerika, Inggris dan Australia. Kini, Monarki kembali merilis sebuah single terbaru bertajuk “Serenade of You”, sebuah lagu dengan konsep unik, karena menyiratkan sound yang sedikit keras dan gagah, namun mengedepankan cerita tentang cinta yang dikemas romantis.

“Lagu ini bercerita tentang seseorang lelaki yang menggambarkan rasa bahagianya karena bertemu dengan seseorang yang spesial dan menyelamatkannya dari hati yang patah. Konsep dasarnya adalah kami ingin bikin sebuah lagu yang romantis, tapi tetep ngerock dan laki banget,” urai pihak Monarki kepada MUSIKERAS, beralasan.

Konon, menurut siaran pers resmi pihak band, “Serenade of You” telah sudah menghuni playlist beberapa radio di Amerika, dan segera menyusul di beberapa negara lainnya.

Sebenarnya, menurut Widi (vokal), Revly (gitar), Bil (gitar), Fery (bass) dan Wendy (dram), proses penggarapan “Serenade of You” sudah dibuat sejak sekitar setahun lalu. Cuma karena beberapa hal, akhirnya baru bisa direkam pada akhir 2017 lalu. Proses rekaman mereka eksekusi di Masterplan Studio Bandung, sebuah studio yang sudah cukup terkenal di Bandung karena banyak musisi rock besar rekaman di sana. “Rasa-rasanya nggak ada masalah yang berarti (saat proses rekaman). Semua berjalan mulus sampai proses mixing-mastering selesai.”

Sejauh ini, Monarki yang banyak menyerap pengaruh musikal dari band-band seperti Alter Bridge, Creed, Metallica, Hoobastank, Linkin Park, Muse, Red Hot Chili Peppers, Helloween hingga Iron Maiden ini merasa cukup puas dengan karya-karya yang telah mereka lahirkan, dari segi musikal. Buat mereka, secara keseluruhan lagu-lagu tersebut sudah memiliki karakter tersendiri dan tidak memiliki kesamaan dengan band lain.

“Kami yakin itu karena kami senang mengombinasikan berbagai macam genre dan konsep musik menjadi satu, dengan ramuan yang kami yakin tetap enak dinikmati berbagai macam kalangan. Tapi untuk ke depannya, kami akan tetap terus mengeksplorasi hal-hal baru yang kami temui seiring perjalanan waktu. Kami akan selalu mencoba konsep-konsep baru, agar tetap bisa menghasilkan karya yang fresh, relevan dengan masa sekarang tapi tetap membawa benang merah dari musik rock jaman dulu yang kami sukai.”

Sepanjang karirnya sejak terbentuk di Bandung pada April 2011, Monarki telah mencatat sejumlah prestasi internasional. Di antaranya pernah masuk dalam deretan lima besar finalis “Band of the Month” di Firebrand Radio (Inggris) pada November 2014, lalu finalis di Guinnes Amplify Indonesia (2015), finalis “Battle of the Band” di Nuclear Rock Radio (AS) pada Januari 2015, finalis “Band of the Month” di Metal Devastation Radio (AS) serta terlibat di album kompilasi produksi Roxeavy Music, Inggris. Salah satu lagu Monarki yang berjudul “Monarchy of Heart” bahkan terpilih menghiasi soundtrack film asal Jerman, produksi Extreme Script Crew. Beberapa media asing juga pernah mengulas karya-karya lagu mereka.

Saat ini, sambil menjalani proses promosi “Serenade of You”, Monarki mulai fokus menyiapkan album mini (EP) kedua, dimana prosesnya masih berjalan terus sampai sekarang. “‘Serenade of You’ adalah lagu pertama yang kami rekam untuk mengisi EP kami nanti. Kami berencana membuat total lima lagu dan rencananya merilisnya di akhir 2018 ini. EP pertama kami rilis pada 2016 lalu, jadi rasanya tahun ini adalah tahun yang tepat untuk merilis EP kedua kami.” (Mdy/MK02)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY