Memanfaatkan pamor Guns N’ Roses (GN’R) yang kini kembali mengilap di bisnis panggung rock dunia, pihak label Universal Music Group telah mengumumkan bakal merilis ulang album debut GN’R, “Appetite For Destruction” pada 29 Juni 2018 mendatang.

Tentu saja, karya rekaman klasik yang pertama kali dirilis pada Juli 1987 silam tersebut tidak disuguhkan dalam format biasa. Versi terbaru ini bakal diproduksi dalam kemasan mewah dengan kualitas suara yang telah melewati proses mastering ulang. Diberi judul “Appetite For Destruction: Locked N’ Loaded”, materi reissue tersebut bakal memuat 73 lagu, dimana 49 di antaranya belum pernah dirilis resmi. Semuanya termuat dalam format empat keping cakram padat (CD) serta tujuh piringan hitam (vinyl) 12-inch 180-gram.

Album aslinya sendiri – yang antara lain memuat lagu terbaik GN’R seperti “Welcome to the Jungle”, “Nightrain”, “Mr. Brownstone”, “Paradise City”, “Sweet Child o’ Mine” dan “You’re Crazy” – terbagi dalam dua keping piringan hitam. Lantas ada pula tambahan album mini “Live ?!*@ Like A Suicide” (rilisan 1986) serta kumpulan B-sides dari era yang sama dan 25 jejak rekaman GN’R di Sound City Studio pada 1986 silam plus rekaman-rekaman yang belum pernah dirilis hasil olahan bersama produser Mike Clink.

Di luar suguhan musiknya, kemasan “Appetite For Destruction: Locked N’ Loaded” juga menyuguhkan buku setebal 96 halaman yang antara lain memuat foto-foto koleksi pribadi Axl Rose yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Oh ya, kemasan istimewa ini konon bakal dibanderol dengan harga yang lumayan menguras kocek, yakni sebesar USD 179.78 atau sekitar Rp. 2.500.000,-.

Sepanjang 2017 lalu, benar-benar menjadi masa-masa panen dan kebangkitan reputasi Guns N’ Roses. Menurut catatan Billboard, unit rock legendaris yang kembali diperkuat tiga pentolan utamanya, yakni Axl Rose (vokal), Slash (gitar) dan Duff McKagan (bass) tersebut telah meraup penghasilan lebih dari USD 480 juta dari rangkaian konser reuni “Not In This Lifetime”, sejak pertama kali dibesut pada April 2016 hingga 29 November 2017 lalu. Konser reuni tersebut mempertemukan Axl, Slash dan Duff kembali setelah 20 tahun berpisah.

Guns N’ Roses terbentuk di Los Angeles, AS pada 1985. Saat merilis salah satu albumnya yang tersukses, “Appetite for Destruction” yang telah terjual sebanyak lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia, formasinya diperkuat oleh Axl Rose, Slash, Duff, gitaris Izzy Stradlin dan dramer Steven Adler. Di album berikutnya, “Use Your Illusion I” dan “Use Your Illusion II” (1991), terjadi perubahan formasi, dimana posisi Izzy digantikan oleh Gilby Clarke, Steven digantikan Matt Sorum dan ada penambahan kibordis Dizzy Reed. Akumulasi penjualan dari enam album studio Guns N’ Roses mencapai angka lebih dari 100 juta keping di seluruh dunia.

Saat mempromosikan album “Chinese Democracy”, Guns N’ Roses pernah menggelar konser di Jakarta, tepatnya di Mata Elang International Stadium, Ancol pada 16 Desember 2012 silam dengan formasi Axl Rose, Ron “Bumblefoot” Thal (gitar), DJ Ashba (gitar), Richard Fortus (gitar), Dizzy Reed (kibord), Chris Pitman (kibord), Tommy Stinson (bass) dan Frank Ferrer (dram). (MK01)

.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY